MIGA, World Bank Group Bakal Jamin 95% Proyek Energi Terbarukan PLN Selama 5 Tahun Kedepan

Oleh : Candra Mata | Minggu, 11 April 2021 - 20:07 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan bahwa dirinya telah melakukan pertemuan dengan Lembaga Penjamin Investasi Multilateral atau Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA) terkait penjaminan pendanaan jangka panjang untuk proyek energi terbarukan yang akan dilakukan oleh PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero. 

MIGA yang merupakan bagian dari Bank Dunia ini dipastikan akan memberikan jaminan investasi atas dukungan finansial dari perbankan internasional ke PLN.

"Setelah melakukan berbagai diskusi dalam beragam forum yang membahas mengenai isu perubahan iklim, pada hari Kamis lalu saya bertemu dengan Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA)," ujar Sri Mulyani, dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya pada Minggu malam (11/4/2021). 

Dikatakannya, MIGA telah memberikan dukungan jaminan investasi kepada PT PLN atas pendanaan jangka panjang energi terbarukan dan infrastruktur kelistrikan yang ramah lingkungan.

Melalui program perdana bertajuk Non-Honouring of Finansial Obligation by State-Owned Enterprise (NHFO-SOE), MIGA akan menjamin 95 persen pembiayaan selama 5 tahun ke depan. 

Transaksi ini merupakan transaksi pertama MIGA dengan menggunakan skema NHFO-SOE dan juga transaksi pertama dalam masa pandemi Covid-19, baik di Indonesia maupun di regional. 

"Saya sangat menghargai seluruh dukungan dan kerja sama yang sudah dibina dengan baik antara Indonesia dan World Bank Grup," kata Sri Mulyani.

"Ke depan, saya harap kerja sama ini dapat mendorong Indonesia mencapai pertumbuhan ekonomi yang lebih ramah lingkungan," tandasnya.