Kadin Pastikan Vaksinasi Covid-19 Mandiri Diberikan Secara Gratis, Rosan: Gratis Ke Pekerja dan Keluarganya

Oleh : Ridwan | Minggu, 24 Januari 2021 - 13:05 WIB

INDUSTRY co.id - Jakarta - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roselani memastikan bahhwa pengusaha akan memberikan vaksinasi Covid-19 mandiri untuk karyawan secara gratis.

"Ini kita beri gratis ke pekerja dan bahkan ke keluarganya. Saya juga sudah bicara ke asosiasi industri, mereka siap," kata Rosan di Jakarta (23/1/2021).

Wacana vaksinasi Covid-19 mandiri ini merupakan usulan Kadin Indonesia yang diwakili Ketum Rosan saat bertemu Presiden Joko Widodo.

"Ini usulan Kadin waktu bertemu Bapak Presiden untuk adanya vaksinasi mandiri. Usulan disampaikan sesudah Presiden mendapat vaksinasi, 13 Januari," terangnya.

Lebih lanjut, Rosan mengungkapkan bahwa pengusaha mendorong vaksin mandiri agar distribusi bisa secepatnya dilakukan, demi pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19.

"Sebelumnya kita bicarakan di Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Saya usulkan kembali sekarang karena dari Kadin melihat vaksinasi lebih cepat akan lebih baik untuk kesehatan dan pemulihan ekonomi," papar Rosan.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, pihaknya saat ini sedang berkomunikasi dengan pemerintah terkait hal ini.

"Pada saat ini, masih dalam tahap pembahasan dengan pemerintah mekanismenya seperti apa, termasuk jenis dan harganya kami pun belum tahu," kata Shinta.

Shinta menjelaskan, Kadin Indonesia juga saat ini sedang melakukan pendataan terkait pengusaha yang berminat vaksinasi mandiri.

"Kami akan segera mendata perusahaan yang tertarik untuk mengambil opsi ini," katanya.

Menurut dia, prinsip dari pengusaha adalah siap untuk mendukung program permerintah melalui vaksinasi mandiri untuk menangani kesehatan akibat pandemi Covid-19.

"Ini agar target vaksinasi bagi masyarakat Indonesia bisa cepat terealisasi. Namun, ini adalah pilihan bagi perusahaan masing-masing," ujarnya.