DPR Minta Pemerintah Perdayakan BUMDes Jaga Ketahanan Ekonomi Desa

Oleh : Wiyanto | Kamis, 17 September 2020 - 19:27 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Banyak masyarakat yang bekerja di kota-kota besar akan pulang kembali ke desa masing-masing karena terkena pemutusan hubungan kerja.

Anggota Komisi IV, Mindo Sianipar, mengatakan, pandemi Covid-19 yang membuat itu semua terjadi karena belum diketahui ujung akhirnya.

"Hal itu, seharusnya menjadi perhatian bagi pemerintah. Soal kesanggupan desa menanggung ledakan penduduk akibat berkurangnya lapangan pekerjaan di perkotaan," kata dia dalam Webinar Pusat Kajian Pangan Pertanian dan Advokasi, Kamis (17/9/2020).

Selama pandemi, diharapkannya pemerintah menyiapkan program yang mampu memperkuat ketahanan ekonomi desa.

"Harus ada program yang bisa memanfaatkan BUMDes misalnya, atau perusahaan-perusahaan kecil di desa yang digerakkan. Kondisi pandemi seperti ini jangan dilihat seperti musibah banjir yang direspons dengan bantuan berton-ton. " katanya.

Di sisi lain, Guru Besar Fakultas Pertanian IPB University, Dwi Andreas Santosa, memperkirakan indeks ketahanan pangan Indonesia akan melemah.

Analisa dia, itu disebabkan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) sektor pertanian diperkirakan menurun pada kuartal ketiga dan keempat.

"Bisa saya pastikan pertumbuhannya akan relatif menurun cukup tajam di kuartal ketiga dan kuartal keempat turun lagi. Jadi akan turun terus," kata Andreas.