Raup Laba Bersih Rp3 triliun, CEO Citibank N.A Indonesia Batara Sianturi: Performa Keuangan Kami Solid

Oleh : Candra Mata | Sabtu, 11 April 2020 - 08:11 WIB

INDUSTRY co.idJakarta, Citibank N.A., Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp 3 triliun di tahun 2019, termasuk peningkatan pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional bersih.

Pendapatan bunga bersih tumbuh 5% dari tahun lalu menjadi Rp 4,4 Triliun karena peningkatan rata-rata kredit dan bank secara aktif telah meningkatkan rasio dana murah. 

Peningkatan pendapatan operasional bersih terutama berasal dari pendapatan perdagangan bersih yang lebih tinggi dari tahun lalu serta dari efisiensi beban usaha.

"Pertumbuhan laba bersih telah memberikan kontribusi pada peningkatan rasio Return on Equity (ROE) menjadi 17,9%, meningkat dari 12,5% di tahun 2018 dan Return on Asset (ROA) meningkat menjadi 4,7% tumbuh dari 3,2% di tahun lalu," ujar CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi Industry.co.id Sabtu (11/4).

Menurut Batara Sianturi, Citibank tetap memiliki tingkat kecukupan modal dan likuiditas yang sangat baik, dengan mencatatkan rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 26,8% dan RIM sebesar 81,42%.

Selain itu, Citibank juga terus menjaga kualitas kredit, dimana bank melaporkan NPL Gross dan Net masing-masing sebesar 2,4% dan 0,5%.

“Citibank berhasil menutup tahun 2019 dengan performa keuangan yang solid. Walaupun kondisi ekonomi global di tahun 2020 penuh dengan volatilitas akibat situasi COVID-19, kami tetap berkomitmen untuk terus melayani para nasabah serta komunitas, sehingga bersama-sama dapat melalui masa-masa penuh tantangan ini," jelas Batara. 

Dikatakannya, di lini Consumer Banking, pihaknya memperkuat model client centric yang kami miliki serta mempercepat perubahan secara digital di seluruh pilar utama, yaitu Credit Cards, Retail Banking dan Wealth Management. 

"Di sisi Credit Cards, perseroan berupaya untuk meningkatkan tampilan dari aplikasi Citi Mobile khusus untuk pengguna Kartu Kredit, sehingga menghasilkan peningkatan pada jumlah pengguna aktif secara mobile sebesar 69%," ungkapnya. 

Perlu diketahui, Citibank juga berkolaborasi dengan Traveloka dalam memperkenalkan program konversi Citi Rewards Points – Traveloka Points, di mana nasabah dapat menukarkan Citi Rewards Points yang mereka miliki dengan Traveloka Points secara real time. 

Dalam Wealth Management, Citibank berhasil mendapatkan pengakuan internasional dengan dinobatkan sebagai “Wealth Management Platform of the Year” dari Asian Banking and Finance Magazine.

Sementara itu, di lini Institutional Banking, bisnis Treasury and Trade Solutions berhasil memenangkan penghargaan sebagai “Best Corporate/Institutional Digital Bank” di Indonesia. 

"Ini berkat strategi serta kemampuan implementasi yang baik dalam menyediakan solusi serta melayani para nasabah dalam ekosistem digital," terang Batara. 

Menurutnya, Bisnis Corporate and Investment Banking terus berusaha untuk menyediakan produk perbankan dengan nilai tambah, layanan, serta jaringan berskala global bagi para klien korporasi. 

"Pada bisnis Global Subsidiaries Group berhasil membukukan pertumbuhan double digit yang kuat serta market share dalam MultiNational Corporations, melalui berbagai inisiatif termasuk Asia-to-Asia," pungkas CEO Citibank N.A., Indonesia Batara Sianturi.