Belanda dan Indonesia Teken MoU untuk Industri minyak kelapa sawit yang berkelanjutan

Oleh : Candra Mata | Rabu, 11 Maret 2020 - 07:51 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Belanda Sigrid Kaag mengungkap dukungannya kepada  Indonesia  untuk industri minyak kelapa sawit yang berkelanjutan. 

Dukungan tersebut tercermin dalam penandatanganan MoU antara Pemerintah Belanda dan Indonesia dalam program peningkatan pengetahuan dan teknologi para petani sawit di Indonesia.

“Itulah tujuan yang ingin kami capai, bekerja sama dengan petani untuk meningkatkan pengetahuan dan teknologi mereka, mengajarkan mereka dan membuat mereka menghasilkan sawit secara berkelanjutan,” ujar Sigrid Kaag dikutip dari laman Antara di Jakarta, Rabu (11/3).

Ia mengatakan, kerjasama terawbut diharapkan dapat membantu Indonesia mengatasi masalah deforestasi dan emisi karbon yang kemungkinan terjadi bersamaan dengan saat memproduksi minyak kelapa sawit.

“Saya akan mendorong teman-teman di Asian Development Bank, investor besar lainnya agar dapat melihat program ini untuk dipercepat dan tentu saja dilakukan di daerah lain,” kata Kaag. 

Perlu diketahui, Belanda sendiri mengimpor 25 persen minyak sawitnya untuk sebagian besar diproses kemudian diekspor kembali.