Ekonomi Betawi Seperti Apa?

Oleh : Wiyanto | Minggu, 23 Februari 2020 - 17:03 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tulisan secara khusus yang mengupas ekonomi orang Betawi belum ada secara khusus diangkat. Namun sekilas terdapat hikayat perdagangan dengan kerajaan zaman terdahulu.

Yahya Andi Saputra, Ketua Litbang LKB mengatakan, perdagangan orang Betawi dengan pihak kerajaan terdapat dalam hikayat yang ditulis M Bakir.

"Saya kumpulkan tulisan orang Betawi, saya belum mendapatkan itu (tulisan tentang ekonomi orang Betawi). Hal yang nyingung ada beberapa. Misal tulisan Ichsanuddin Noorsy dan Ridwan Saidi bagaimana keterpurukan masyarakat Betawi dalam bidang usaha," kata dia di Jakarta dalam Kongko Betawi Kita Potret Betawi Dalam Tulisan, Minggu (23/2/2020).

Dia menjelaskan meskipun tidak ada yang khusus tulisan membicarakan ekonomi Betawi, namun terdapat ekonom Betawi dan pelaku regulator pemeriksa keuangan seperti Bahrullah Akbar, Wakil Ketua BPK dan Ichsanuddin Noorsy ekonom.

Idrus F Shahab, mantan Wartawan mengungkapkan belum ada tulisan khusus ekonomi Betawi, tetapi orang Betawi hanya masuk dalam statistik. Ia akui, tulisan ekonomi Betawi belum ada yang mengulas.

Dalam pandangan dia, minimnya tulisan bahkan memang tidak ada tulisan ekonomi Betawi, sebagai sejarah yang diakui bagian dari kekejaman kolonial. Hingga orang Betawi sangat sedikit yang pandai menulis dalam artian serius dalam bentuk tulisan esai atau buku.

"Memang bicara tulisan ekonomi Betawi kurang," katanya.