PTBA Berencana Akuisisi Perusahaan Minyak Sawit Mentah

Oleh : Abraham Sihombing | Jumat, 24 Maret 2017 - 12:43 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Bukit Asam Tbk (PTBA), produsen tambang batu bara, sedang melakukan proses akuisisi beberapa perusahaan pertambangan batubara dan non batubara untuk diversifikasi bisnis.

“Kami saat ini sedang melakukan uji tuntas terhadap 3-5 perusahaan,” kata Achmad Sudarto, Direktur Keuangan PTBA, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (24/03/2017).

Achmad mengemukakan, PTBA akan mengakuisisi proyek pembangkit tenaga listrik yang sudah ada sehingga menghasilkan lebih banyak pendapatan dan aset dapat tumbuh lebih cepat.

“Saat ini, kami sedang dalam pembicaraan akhir untuk membeli pembangkit listrik. Selain itu, PTBA juga merencanakan mengakuisisi perusahaan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) sebagai upaya diversifikasi bisnis,” papar Achmad.

Kendati demikian, Achmad belum berkenan untuk menyampaikan secara rinci nilai belanja modal yang dibutuhkan untuk akuisisi perusahaan-perusahaan itu.

“Asalkan perusahaan itu mau kita sebagai mayoritas dan menguntungkan. Kami mengharapkan melalui aksi korporasi itu dapat mendorong aset perseroan meningkat hingga 50% dan tahun buku 2016, aset PTBA senilai Rp18,57 triliun,” pungkas Achmad.***