BRI Insurance Tebar Dividen 25 Persen

Oleh : Wiyanto | Minggu, 05 Mei 2024 - 13:02 WIB

INDUSTRY.co.id-Jakarta-Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024 (RUPST) PT. BRI Asuransi Indonesia telah digelar pada hari Senin, tanggal 29 April 2024 di Menara Brilian. Jakarta.

Kegiatan RUPST tersebut dihadiri oleh perwakilan Pemegang Saham dari BRI yaitu Agus Noorsanto (Direktur Bisnis Wholesale & Kelembagaan BRI), Irwan Junaedy (Ketua Pengurus Yayasan Kesejahteraan Pekerja BRI).

Di samping itu, jajaran Pengurus PT BRI Asuransi Indonesia yang juga hadir pada kegiatan tersebut, adalah Komisaris Utama (Kris Hananto), Komisaris Independen (Ayahanita. K), Komisaris Independen (Benny Imam Syafii*), Direktur Utama (R. Budi Legowo), Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko (Heri Supriyadi), Direktur Keuangan dan Operasional (Sony Harsono), Direktur Teknik (Ade Zulfikar), dan Direktur Bisnis (Recky Plangiten*), Ketua Dewan Pengawas Syariah (Nilmayetti Yusri), dan Anggota Dewan Pengawas Syariah (Abdul Ghoni).

Salah satu agenda utama dalam kegiatan RUPST adalah Persetujuan Laporan Tahunan dan Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan tahun 2023. Dalam laporan kinerja keuangan Perseroan tahun 2023 dimaksud antara lain disampaikan bahwa secara umum kinerja keuangan Perseroan tahun 2023 mengalami banyak peningkatan yang signifikan dibandingkan kinerja kauangan tahun sebelumnya. Angka-angka rasio kesehatan kinerja keuangan Perusahaan juga mengalami peningkatan kualitas yang signifikan dibanding tahun sebelumnya, yang antara lain tercermin dalam angka-angka Loss Ratio, Profit Margin, Combined Ratio, Underwriting Yield, RBC dan BOPO.

Di samping itu, pertumbuhan kinerja Perseroan tahun 2023 yang signifikan juga tercatat pada premi bruto yang tumbuh 26,6%, laba bersih tumbuh 29,25% dan aset tumbuh 31,81%. RUPST tahun 2024 mencatat Laba Bersih Perseroan Hasil Konsolidasi tahun buku 2023 sebesar Rp 483 miliar. Angka tersebut terdiri dari Laba Konvensional sebesar Rp 474 miliar dan Syariah Rp 9 miliar.

Dari Laba Bersih Konvensional disetujui 25% atau sebesar Rp 118 miliar sebagai Dividen Tunai. Sementara 75% atau sebesar Rp 355 miliar sebagai Saldo Laba (retained earnings).

Dalam RUPST tahun 2024 tersebut, R. Budi Legowo, Direktur Utama, selain menyampaikan laporan kinerja Perseroan, juga menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan kemajuan Perusahaan dan beberapa tantangan Perusahaan serta ruang perbaikan yang masih harus dibenahi untuk kemajuan Perusahaan. Sementara itu, Komisaris Utama BRI Asuransi Indonesia, Kris Hananto, selaku pimpinan rapat menyampaikan apresiasi kepada Manajemen Perusahaan atas hasil kinerja Perusahaan tahun 2023.

Dalam agenda kegiatan RUPST memutuskan susunan Kepengurusan PT BRI Asuransi Indonesia yang baru adalah sebagai berikut

Komisaris Utama: Kris Hananto

Komisaris Independen: Ayahanita. K

Komisaris Independen: Benny Imam Syafii *)

Direktur Utama: R. Budi Legowo

Direktur Keuangan dan Operasional: Sony Harsono

Direktur Teknik: Ade Zulfikar

Direktur Bisnis: Recky Plangiten *)

Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko: Heri Supriyadi

Ketua Dewan Pengawas Syariah: Nilmayetti Yusri

Anggota Dewan Pengawas Syariah: Abdul Ghoni

Untuk Recky Plangiten dan Benny Imam Syafii, jabatan kepengurusan Perseroan efektif setelah mendapat persetujuan dari OJK.