Masuki Usia ke-50 Gramedia Bagikan 50 Ribu Buku Untuk 50 Sekolah

Oleh : Amazon Dalimunthe | Senin, 03 Februari 2020 - 08:51 WIB

INDUSTRY.co.id - JAKARTA— Menandai perjalanan selama 50 tahun, Gramedia melalui kampanye #GramediaUntukIndonesia  akan membagikan 50.000 buku dan alat tulis kepada 50 sekolah terpilih secara serentak. Ini merupakan  bentuk kepedulian terhadap pendidikan anak negeri mengingat selama 50 tahun, Gramedia telah hadir dan berkembang bersama masyarakat Indonesia.

Dalam perayaannya kali ini  Gramedia juga berkolaborasi dengan seniman untuk mengapresiasi karya seni anak bangsa.  Mereka yang terpilih diantaranya adalah  Muklay yang dikenal sebagai  visual artist asal Jakarta dan Lukmanul Chakim asal Wonosobo, Jateng,  yang dikenal sebagai etnomusikolog.

Muklay akan mendesain streetwear khusus ulang tahun ke-50 Gramedia yang memiliki makna ajakan kepada generasi muda untuk meningkkatkan minat baca. Sementara  Luqmanul Chakim yang lewat Gramedia akan memberikan warna baru melalui musik aransemen beberapa lagu daerah Indonesia dengan sentuhan musik EDM dan alat musik tradisional, Bundengan. lagu-lagu ini akan diputar di seluruh toko Gramedia.

Terkait perayaan ulang tahun ke-50, General Manager Corporate Secretary PT. Gramedia Asri Media, Yosef Adityo mengatakan, Gramedia akan menyebarkan inspirasi dari 50 penulis buku best seller dan juga tokoh literasi dalam acara Gramedia Writers & Readers Forum (GWRF) yang akan di gelar pada tanggal 3, 4, dan 5 April 2020 mendatang.

“Acara GWRF ini diharapkan dapat memberikan ruang bagi generasi muda dan masyarakat umum untuk berdiskusi serta bertemu langsung dengan para penulis juga tokoh favorit mereka, sehingga inspirasi semangat literasi dapat ditularkan.” Papar di Toko Buku Gramedia Pondok Indah Mall I, beberapa waktu lalu.

Adityo menambahkan, di dalam GWRF 2020, Gramedia juga menyelenggarakan Gramedia Writing Project (GWP). Proyek ini ditujukan untuk mencari penulis-penulis berbakat Indonesia dan meningkatkan sekaligus menjaga kualitas buku maupun konten yang fresh serta berkualitas.

Seiring dengan perjalanan teknologi, Di tahun 2020, Gramedia turut menghadirkan layanan seperti audiobook sembari tetap melakukan digitalisasi buku-buku cetak yang hingga kini telah mencapai 19.000 judul e-book. “paling tidak ini salah satu bentuk kepedulian dan lebih upaya menghadirkan kemudahaan layanan serta pengalaman terbaru bagi pelanggan yang menjadi target Gramedia,” ungkap Yola Putrityanie General Manager Marketing PT. Gramedia Asri Media.

Memasuki tahun ini, Gramedia juga akan terus melebarkan sayapnya melaui pembukaan 10 gerai buku yang tersebar di beberapa kota Indonesia, antara lain Sorong, Sukabumi, padang Bengkulu sebagai pengembangan pasar baru. “Kalau awalnya store hanya semata menjual buku-buku, kini Gramedia demi memanjakan customer ikut melengkapi tempat bersantai untuk menemukan inspirasi baru seperti Cozyfield cafe and Resto ataupun Cofi sedang menginovasikan ragam menu baru beserta konsep kafe tematik,” kata Yola.

Berdiri sejak 2 Februari 1970 dan diawali dengan sebuah toko seluas 25m² di Jalan Gajah Mada, Jakarta, kini Gramedia berkembang menjadi salah satu perusahaan retail terbesar dan tersebar di Indonesia. Di usianya yang ke-50, Gramedia telah menghadirkan inspirasi di 21 toko yang tersebar di 51 kota. (AMZ)