Pabrik Transformator Terbesar di Asia Tenggara Kini Beroperasi di Cikarang

Oleh : Ridwan | Kamis, 16 Maret 2017 - 08:06 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian saat ini tengah memprioritaskan pengembangan industri penunjang pembangkit listrik di Indonesia.

Sektor ini sangat potensial mengingat kebutuhan pasokan energi dalam negeri yang semakin besar. Selain itu, sektor ini juga mampu malampaui pertumbuhan ekonomi.

"Industri penunjang pembangkit listrik harus dapat mendukung pemenuhan kebutuhan energi yang diperlukan dalam peningkatan nilai tambah produksi," ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto pada Peresmian Pabrik Transformator Tenaga PT XD Sakti Indonesia di Jawa Barat (15/32017).  

Indonesia saat ini telah masuk dalam jajaran 10 besar negara yang industrinya memberikan kontribusi terhadap nilai tambah dunia. Pemenuhan kebutuhan energi mutlak diperlukan untuk mempertahankan posisi tersebut.  

"Beroperasinya pabrik PT XD Sakti Indonesia yang memproduksi transformator tenaga bertegangan 70-500 kilo volt (kV) diharapkan dapat berkontribusi dalam transmisi dan distribusi tenaga listrik," tambah Menperin.

Dengan kemampuan industri nasional dalam memproduksi komponen, mulai dari trafo, transmisi hingga kabel, maka kebutuhan penunjang untuk program pembangkit listrik 35.000 Mega Watt yang diikuti dengan program transmisi 46.000 kilometer diharapkan bisa sepenuhnya diproduksi di dalam negeri.  

Pabrik yang diresmikan hari ini memiliki kapasitas produksi sebesar 10.896 MVA per tahun, yang menjadikannya pabrik transformator tenaga terbesar di Asia Tenggara.

"Kami berharap, diresmikannya pabrik ini memberikan kesempatan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak dan ikut andil dalam peningkaan pengembangan SDM, " tutup Airlangga.