Oskar Urzelai, Executive Chef - Txoko Jakarta

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 September 2019 - 21:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Chef Oskar, koki berkebangsaan Spanyol, yang telah berkecimpung di industri F&B (makanan dan minuman) selama lebih dari 20 tahun, pernah bekerja di beberapa hotel dan restoran terbaik di negara-negara seperti Kuba, Republik Dominika, Inggris, Singapura, Mesir, Indonesia (Bali & Jakarta), Kamboja, Thailand, dan tentu saja di negara asalnya, Spanyol. Hingga baru-baru ini ia membuka restoran masakan Basque di Jakarta bernama Txoko pada bulan Maret 2019.

Dia bertanggung jawab atas seluruh operasional restoran mulai dari dapur, produksi, kreasi, kualitas produk, biaya, harga, mengontrol pembelian produk dan stok, termasuk desain menu restoran.

Chef Oskar sebelumnya bekerja di Indonesia pada tahun 2004 sebagai Executive Sous Chef di Melia Bali Villas and Spa Resort (bintang 5). Kemudian ia pindah dan bekerja di Intercontinental Phnom Penh (bintang 5), Kamboja sebagai Executive Chef; di Bahia Principe Cayo Levantado (bintang 5), di Samana, Republik Dominika, juga sebagai Executive Chef. Ia kemudian pindah bekerja di JW Marriott Khao Lak (bintang 5), di Khao Lak, Thailand sebagai Executive Chef, dan memutuskan untuk kembali bekerja di Indonesia pada tahun 2010, di mana ia bekerja sebagai Executive Sous Chef di hotel Gran Melia Jakarta (bintang 5).

Dari tahun 2012 hingga 2017 ia menjalankan restorannya sendiri, Plan B Jakarta sebagai Chef and Partner, dan akhirnya pada Maret 2019 tahun ini, dengan posisinya sebagai Chef and Partner ia mengelola restorannya sendiri yang memiliki konsep masakan Basque, yang bernama Txoko Jakarta.

Dengan pengalamannya yang banyak dalam industri ini, Chef Oskar mewujudkan cintanya pada dunia kuliner dalam menu yang ia sajikan di Txoko Jakarta. Restoran ini adalah restoran Spanyol yang menyajikan masakan otentik Basque dengan produk berkualitas terbaik.

Lahir di Deba Guipuzcoa, Spanyol, Oskar lulus dari Hotel & Restaurant College, San Sebastian, Spanyol. Ia aktif berpartisipasi dalam berbagai acara dan pameran gastronomi seperti: Spanish Food Festival di Vietnam, Cuban Food Festival di Jakarta, Chaine des Rotisseurs di Taiwan, dan banyak lagi.