Prospek Stabil, Peringkat BNI Syariah idAA

Oleh : Wiyanto | Rabu, 15 Mei 2019 - 15:13 WIB

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Pefindo menetapkan peringkat idAA+ untuk Bank BNI Syariah. Prospek perusahaan adalah stabil.

Analis Pefindo Adrian Noer/ Danan Dito mengungkapkan obligor BNI Syariah dengan peringkat idAA memiliki sedikit perbedaan dengan peringkat tertinggi yang diberikan dan memiliki kemampuan yang sangat kuat untuk memenuhi komitmen keuangan jangka panjang relatif dibandingkan terhadap obligor Indonesia lainnya.

"Peringkat tersebut mencerminkan status BNI Syariah sebagai anak usaha yang sangat penting dari BNI," kata dia di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Menurut dia, peringkat dibatasi oleh efisiensi operasional yang dibawah rata-rata dan tekanan pada kualitas aset. Namun bisa naik, jika Pefindo melihat terdapat peningkatan material atas tingkat dukungan dari BNI yang juga harus dibuktikan dengan kenaikan kontribusi bisnis atau pendapatan yang signifikan kepada BNI.

Itu juga harus dikomunikasikan dengan profil kualitas aset dan indikator profitabilitas yang meningkat secara konsisten.

"Peringkat dapat turun, jika kami melihat penurunan material dalam dukungan dari induk yang dapat dibuktikan dari penurunan material atas kepemilikan Bank BNI atau apabila terdapat penurunan kepentingan BNI Syariah secara substansial karena memburuknya posisi pasar atau indikator profitabilitas bank," jelasnya.