Pariwisata Jakarta Dinilai Mampu Saingi Bali

Oleh : Ridwan | Kamis, 11 April 2019 - 09:45 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro meminta pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memaksimalkan potensi pariwisata khususnya Kepulauan Seribu dan Kota Tua. Hal ini dilakukan agar pariwisata Indonesia tidak terpusat di Bali saja.

Bambang juga mengatakan, selama ini DKI Jakarta hanya didatangi warga negara asing unik keperluan bisnis. Sangat jarang dari mereka yang sengaja datang untuk menikmati wisata Jakarta.

"Jakarta selama ini memang kedatangan warga asing, tapi untuk keperluan bisnis. Kalau lihat Bangkok, turis itu datang bukan hanya untuk bisnis, tapi untuk wisata kota. Ada daya tarik," ujarnya di Jakarta, Rabu (10/4).

Sekadar informasi, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga Februari 2019 ada 2,48 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi Indonesia. Destinasi wisata masih didominasi Bali. Diharapkan, adanya destinasi wisata lain akan membuat persebaran pariwisata merata.

"Kalau Kota Tua dikembangkan saja, akan semakin banyak jumlah turis yang berkunjung ke Jakarta, bukan hanya untuk kepentingan bisnis tapi memang tertarik dengan objek wisatanya. Pariwisata kita tidak akan tergantung Bali saja," tutupnya.