Pemkab Soppeng Undang Swasta Kembangkan Wisata

Oleh : Irvan AF | Jumat, 24 Februari 2017 - 07:19 WIB

INDUSTRY.co.id, Soppeng - Pemerintah Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, mengajak pihak swasta dan masyarakat umum untuk terlibat langsung pada pengembangan sektor pariwisata yang tersebar di wilayah itu.

Dikatakan Sekretaris Daerah Kabupaten Soppeng Sugirman Djaropi, semua organisasi yang bergerak di bidang pariwisata agar terus mendukung pengembangan di bidang tersebut, agar ke depan pariwisata di Soppeng terus mengalami peningkatan.

"Baik dari kualitas pelayanan, lokasi, transportasi dan lain sebagainya yang mendukung pariwisata lebih maju," ujar Sugirman kepada INDUSTRY.co.id, saat ditemui di Menara Kuningan, Jakarta, Kamis (23/2/2017).

Soppeng yang terbagi atas delapan kecamatan dan 70 kelurahan itu, diakui Budi memiliki banyak potensi wisata. Di mulai dari wisata alam, kuliner dan kebudayaan khas Suku Bugis yang terus dikembangkan.

Beberapa destinasi wisata popular di Soppeng adalah pemandian air panas di Lejja, pemandian alam Ompo, Danau Tempe, situs makam kuno raja-raja Bugis, dan tentu saja landmark kota Soppeng, Villa Yuliana.
 
Menurut Sugirman, salah satu yang akan segera dibuka untuk dikelola investor swasta pemandian air panas Lejja. "Kawasan ini akan dikembangkan menjadi pemandian seperti onsen di Jepang," ujar Sugirman.

Villa Yuliana di Kota Watansoppeng, Kabupaten Soppeng. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Sugirman lebih lanjut mengatakan, "Selama ini, di kawasan Lejja belum ada penginapan untuk turis yang representatif. Karena itu kami akan undang investor yang berminat di perhotelan."

Meski begitu, dia menjamin akan terus membina pengelolaan home stay yang dikelola masyarakat setempat. Dia juga menjamin semua itu agar pemasukan daerah lebih besar, sehingga bisa berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat. Karena potensi pariwisata mampu mengangkat perekonomian suatu daerah, maka inovasi di bidang itu harus dilakukan.

"Agar para wisatawan terus berdatangan. Promosi juga harus dilakukan secara terus-menerus sehingga wisatawan yang datang tidak hanya lokal, melainkan dari luar Soppeng maupun mancanegara," katanya.

Para pelaku usaha di bidang pariwisata diminta Sugirman untuk sama-sama menciptakan inovasi yang strategis guna membangun sektor pariwisata lebih baik dari hari ini.

Pemandian air panas Lejja, di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Sugirman juga menambahkan, tentu kesuksesan dari pariwisata tidak lepas dari peran masyarakat. Untuk itu ia mengharapkan agar warganya bisa menjadi tuan rumah yang ramah bagi para wisatawan yang datang berkunjung di daerah itu.

"Saya juga mengharapkan agar semua ini tidak hanya sebatas rencana. Kita harus terus bekerja demi kemajuan satu daerah, terutama Soppeng," tutupnya.(iaf)