Kualitas Menurun Akibat Cuaca Buruk, Harga Bawang Merah di Sampang Anjlok

Oleh : Hariyanto | Minggu, 12 Februari 2017 - 16:49 WIB

INDUSTRY.co.id - Sampang, Musim panen bawang merah di Kecamatan Sokobenah, Kabupaten Sampang kali ini tidak membuat petani bawang merah tersenyum bahagia. Pasalnya, harga bawang merah di pasaran saat ini onjlok.

Menurut Sohib, salah seorang petani bawang merah di sampang, turunnya harga bawang merah belakangan ini disebabkan kwalitas yang kurang bagus diakibatkan faktor cuaca yang tak menentu di wilayah tersebut.

"Cuaca buruk mengakibatkan kwalitas bawang merah kurang bagus, jadi harganya anjlok. Untuk satu kilo gram bawang merah sekarang harganya Rp. 20.000, sebelumnya harga jual hingga Rp. 40.000." kata Sohib, Sabtu (11/2/2017).

Tak hanya itu, selama musim tanam bawang, Sohib mengaku telah mengeluarkan biaya tanam sekitar Rp. 40 juta. Meliputi biaya pembelian 9 kwintal bibit bawang merah, biaya pupuk dan lainnya. Namun, hasil panen yang di dapat tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

"Dari pengeluaran biaya tanam itu, hasil penjualan tidak sebanding, kita hanya mendapatkan hasil separuhnya, jadi rugi," ungkapnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh p‎etani bawang merah lainnya di Kecamatan Sokobanah, bahkan, akibat gagalnya panan bawang merah tersebut, sejumlah petani harus menanggung hutang untuk modal selama perawatan bawang merah.

Para petani bawang merah berharap, ada perhatian serius dari Pemerintah setempat. Salah satunya menyediakan bibit bawang merah dengan harga murah. Sebab, selama ini para petani membeli bibit bawang merah ke daerah Brebes Jawa Tengah. (Hry/ Bj)