Dukung Kompetisi eSports di Asian Games 2018, Konami Hadirkan PES2018

Oleh : Hariyanto | Jumat, 24 Agustus 2018 - 19:31 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pengembang dan pembuat Game, Konami turut mendukung kesuksesan penyelenggaraan ajang pesta olahraga terbesar di Asia Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang sejak 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.

Asian Games kali ini menambahkan eSports sebagai salah satu pertandingan demonstrasi untuk pertama kalinya yang juga dimasukan sebagai sebuah kategori dalam ajang pesta olahraga tingkat internasional. Dalam kategori eSports ini terdapat enam game yang akan dipertandingkan dan salah satunya adalah Pro Evolution Soccer (PES).

Deputy Division Director of Promotion Planning Division, Konami Digital Entertainment Co., Ltd., Takayuki Kurumada mengatakan, PES2018 adalah satu-satunya game olahraga yang dipilih menjadi pertandingan demonstrasi di Asian Games 2018.

"Saya rasa PES2018 dipilih karena permainan ini cukup bersahabat dengan mereka yang bahkan jarang bermain game. Ditambah lagi PES juga memiliki banyak persamaan dengan olahraga sepakbola,” ungkap Takayuki Kurumada pada diskusi media yang selenggarakan oleh Konami, di Jakarta, Jumat (24/8/2018).

Selain Takayuki Kurumada, acara yang membahas kehadiran eSport di Asian Games 2018 ini juga menghadirkan Eddy Lim selaku Ketua Umum Indonesia eSports Association, perwakilan Indonesia dalam kompetisi PES di Asian Games 2018 yakni Setia Widianto dan Elga Cahya Putra serta Ponaryo Astaman selaku mantan kapten tim nasional sepakbola Indonesia.

Kompetisi eSports di Asian Games 2018 akan dilangsungkan dari tanggal 26 Agustus 2018 dan untuk pertandingan PES sendiri akan diadakan pada tanggal 1 September 2018. Industri eSports kini sedang berkembang dan jumlah penggemarnya terus bertambah setiap harinya di seluruh dunia.

“Saya yakin banyak dari kalian yang mulai mengenal eSports ini karena Asian Games. Maka dari itu, kami sebagai salah satu perusahaan yang menawarkan permainan untuk dipertandingkan ikut bekerjasama dengan tim penyelenggara untuk membuat kompetisi ini kaya akan konten. Kita juga terus mendukung pengakuan atas seri game PES melalui para pemainnya dan juga melalui kompetisi,” tambah Kurumada.

eSports kini sudah semakin diakui sebagai bagian dari olahraga dan para pemainnya juga bisa disebut sebagai atlet karena eSports kini sudah menjadi bagian Asian Games 2018.

“Ada berbagai macam cara untuk menikmati eSports selain sebagai pemain, kalian juga bisa menikmati eSports dengan menonton pertandingan baik langsung maupun melalui siaran atau video. Ini bisa menjadi kesempatan untuk menyebarkan keseruan dari eSports kepada mereka yang belum pernah mencoba bermain,” tambah Kurumada.

Sementara, Ketua Umum Asosiasi eSports Indonesia Eddy Lim mengatakan, dalam industri eSports, untuk menjadi seorang pemain eSports yang hebat dibutuhkan kerja keras, berpikir cerdas, dan juga tekad yang kuat. "Yang penting kalau mau main itu fisik harus kuat dan prima,” ungkap Eddy Lim.

Setia Widianto dan Elga Cahya Putra mengatakan bahwa mereka kini merasa bangga bisa mewakili Indonesia dan tengah berlatih keras untuk menghadapi Asian Games 2018.

“Suatu kebanggaan bagi saya dan komunitas bisa tampil sebagai atlet di Asian Games, karena sekarang bermain game bukan lagi sekedar hobi, tapi sudah menjadi profesi yang membanggakan, bisa meraih prestasi dan bahkan mengharumkan nama Bangsa Indonesia,” ungkap Setia Widianto.

“Kami akan mulai berlatih intensif mulai tanggal 25 Agustus besok. Kami berharap rekan-rekan pecinta olahraga sepakbola dan game PES khususnya dapat mendukung kami ‘timnas’ PES yang akan bertanding melawan negara Asia lainnya pada tanggal 1 September nanti," lanjut Elga Cahya Putra.

Selain di Asian Games 2018, Konami juga bekerjasama dengan komunitas dari berbagai belahan dunia. Sejak 2001, Konami sudah mengadakan kompetisi eSports di Eropa. Saat ini Konami memiliki turnamen ‘Pes League’ yang merupakan turnamen PES resmi sedunia dari Konami.

Seri game PES adalah produk video game dari Konami yang sudah dinikmati lebih dari 20 tahun sejak tahun 1995 sebagai sebuah game konsol. Jumlah keping yang terjual secara keseluruhan di seluruh dunia mencapai lebih dari 100 juta kopi, dikarenakan juga game ini memiliki kualitas gambar dan ekspresi yang tinggi dan juga kemudahan dalam beroperasi.

Pada 30 Agustus 2018, Konami akan merilis seri terbaru dari PES yakni PES 2019 yang bisa dimainkan melalui computer, PlayStation 4, dan juga Xbox One.