Pesawat Berbentuk Ikan Paus Beluga Ini Siap Temani Perjalananmu Tahun 2019

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 13 Juli 2018 - 12:10 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta Ada yang unik, pesawat berbentuk ikan paus Beluga berwarna putih siap menemani perjalananmu pada tahun 2019. Pesawat yang menjalani serangkaian makeover ini akan didesain di pabriknya di Toulouse, Perancis.

Dikutip dari travelandleisure, Jumat (13/7/2018), Airbus A330-700L, ia lebih mungkin dikenal karena kemiripannya yang luar biasa dengan paus putih tanpa sirip dorsal. Sebanyak 40 persen karyawannya mendukung atas pembuatan desain tersebut yang dilengkapi dengan mata biru dan tak lupa lekukan senyum di mulut hitamnya.

Foto pesawat BelugaXL itu terbongkar pada pekan lalu di Perancis, tetapi banyak masyarakat yang merespon positi dengan desain pesawat tersebut. Pesawat itu akan memiliki kapasitas kargo terbesar dari setiap pesawat non-militer. Sekitar 20 kaki lebih panjang dan tiga kaki lebih lebar dari Beluga saat ini, digunakan untuk membawa bagian pesawat seperti sayap A340.

Pesawat ini sedang menjalani uji coba dan dijadwalkan untuk melakukan penerbangan pertamanya pada akhir tahun ini. Airbus akan membangun lima BelugaXL, dengan yang pertama diharapkan untuk masuk layanan pada 2019.