Menperin-Bos JETRO Bahas Peluang Investasi Hingga Implementasi Industri 4.0 di Kantor Kemenperin

Oleh : Ridwan | Selasa, 03 Juli 2018 - 10:18 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Direktur Japan External Trade Organization (JETRO) Daiki Kasugahara menemui Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta (2/7/2018).

Pada pertemuan tersebut, Menperin didampingi Direktur Jenderal Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII) I Gusti Putu Suryawirawan. 

"Dalam kunjungannya, mereka berdiskusi mengenai peluang investasi di Indonesia serta implementasi industri 4.0," kata Airlangga dikutip dari laman Kemenperin.go.id.

Dalam kesempatan tersebut, Menperin mengatakan pihaknya selama ini tidak hanya mendorong penanaman modal dari perusahaan manufaktur Jepang skala besar, tetapi juga berupaya menggandeng kerja sama yang menyasar pada pengembangan teknologi dan inovasi, sumber daya manusia, serta IKM di Indonesia.

Seperti diketahui belum lama ini, Indonesia melalui Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia telah berhasil kerja sama dengan Jetro untuk menarik masuk para UKM Jepang ke Indonesia. 

Sebelumnya, Shinta Widjaja Kamdani selaku Wakil Ketua Kadin Bidang Hubungan Internasional mengatakan, saat ini banyak sekali supporting teknologi atau new technology Jepang masuk ke Indonesia. 

"Bukan hanya itu saja, banyak perusahaan UKM Jepang memang mulai tertarik memasuki Indonesia yang dipercaya memiliki kestabilan politik yang baik saat ini," ungkap Shinta.