Libur Lebaran, Yogyakarta Siapkan Empat Posko Informasi Wisata

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 12 Juni 2018 - 17:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Yogyakarta - Selama libur Lebaran 2018, untuk mempermudah wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan empat posko informasi wisata sebagai pusat pelayanan wisatawan dari luar kota. 

"Semua informasi mengenai destinasi wisata bisa ditanyakan di situ," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta di Yogyakarta, Selasa (12/6/2018).

Untuk titik informasi wisata, dibagi menjadi empat kawasan yakni n simpang empat Tugu Yogyakarta, Malioboro, Bandara Adisutjipto, serta di "Tourist Information Center" (TIC) di kompleks Kantor Dispar DIY.

Menurut dia, melalui posko itu, para wisatawan akan mendapatkan beragam pilihan destinasi wisata alternatif serta daftar event wisata yang digelar selama Lebaran.

"Melalui posko itu petugas akan memberikan layanan informasi apapun yang dibutuhkan wisatawan. Kami juga menyediakan peta pariwisata yang berisi destinasi wisata, event wisata serta lokasi kuliner dan hotel di Yogyakarta," kata dia.

Pembukaan posko, menurut Aris, selain sebagai sarana pelayanan informasi, juga bertujuan untuk meningkatkan persebaran aktivitas wisatawan di Yogyakarta sekaligus mengurangi kepadatan di destinasi tertentu.

"Dengan memperoleh informasi dari posko Lebaran tersebut, wisatawan diharapkan tidak hanya mengunjungi objek wisata populer, melainkan juga dapat mengunjungi puluhan objek wisata alternatif yang tersebar di DIY," kata dia.

Sementara, untuk rekomendasi libur Lebaran 2018 ada beberapa destinasi wisata di Yogyakarta yakni Menurut dia,  Taman Tebing Breksi di Sleman, objek wisata di wilayah perbukitan Mangunan, Bantul, Gunung Api Purba, Nglanggeran, Gunung Kidul, serta Kali Biru di Kulon Progo. (Ant)