Sidney Jones: Kecil Kemungkinan Teroris Libatkan Anak Lagi

Oleh : Herry Barus | Rabu, 23 Mei 2018 - 08:02 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peneliti terorisme internasional, Sidney Jones menilai bahwa tren aksi bom bunuh diri yang melibatkan anak-anak diperkirakan tidak akan terjadi lagi.

"Kemungkinan kecil (pelibatan keluarga termasuk anak) akan terjadi lagi," kata Sidney Jones dalam diskusi bertajuk Menguak Fakta Aktual Radikalisme dan Terorisme di Indonesia, di Jakarta, Selasa (22/5/2018) mengomentari tiga keluarga yang tewas dalam tiga peristiwa bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo.

Pihaknya pun tidak habis pikir ketiga keluarga itu tega mengorbankan anak-anak mereka sebagai bomber karena hal itu di luar kebiasaan para kaum ekstremis.

Menurut dia, aksi ketiga keluarga tersebut yang mengorbankan nyawa mereka dan keluarganya dalam tiga peristiwa bom bunuh diri di Surabaya dan Sidoarjo, tidak akan diikuti oleh para ekstrimis lainnya.

"Bukan berarti sekarang hingga dua tahun kedepan akan lebih banyak keluarga yang bergerak seperti tiga keluarga di Surabaya, karena orang ekstrimis pun tidak mau mengorbankan anaknya," katanya.