Ramadan Ini, Ternate Gelar Festival Ramadan Ma Parada 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 22 Mei 2018 - 10:15 WIB

INDUSTRY.co.id, Ternate - Menyambut bulan suci Ramadan, Ternate menggelar Festival Ramadan Ma Parada 2018 pada minggu, (20/5/2018). Digelar di kawasan Jembatan Dodoku Ali, wilayah Soa-Sio, Kota Ternate Tengah, Maluku Tengah (Malut) kegiatan ini akan berlangsung hingga menjelang malam Lailatul Qadar.

"Festival ini untuk menyambut Ramadan juga melestarikan kearifan lokal. Dengan penyelenggaraan Festival Ramadan Ma Parada 2018 ini, diharapkan suasana Ramadan semakin meriah di Ternate. Festival ini juga jadi bagian dari wisata religi," kata tua Panitia Festival Ramadan Ma Parada 2018 Farida Abbas,dikutip dari facebook Kemenpar, Selasa (22/5/2018).

Festival ini dimeriahkan oleh berabagai kegiatan seperti lomba busana muslim, lomba kaligrafi, cita rasa moloku kie raha, Tarian Smrah, Kasidah, hingga Gendang Sahur hingga fotografi.

“Ada juga lomba Da’i Cilik di sini. Kami ingin member ruang tumbuh bagi talenta anak-anak Ternate yang luar biasa. Khusus lomba Fotografi, peserta harus memotret nuansa Ramadan di Malut. Foto-foto itu harus di posting pada media sosial. Nantinya foto juara dilihat dari respon di media sosial,” tambahnya.

Tema yang dipilih adalah ‘Cahaya Untuk Semua’ ini, tak hanya perlombaan saja yang dilakukan tetapi juga mengajak buka bersama dengan seribu anak yatim dan kaum duafa.

Secara umum, rangkaian agendanya panjang. Berbagai latar belakang dilibatkan. Kalau melihat respons wisatawan, festival ini bisa menjadi agenda tahunan. Kami akan terus dorong ke sana. Tujuannya tentu agar jumlah kunjungn wisatawan ke Ternate terus naik,” jelasnya.

Usai Festival Ramadan Ma Parada 2018, Ternate sudah menyiapkan Festival Kemerdekaan yang digelar 18 Agustus.

“Menggelar event-event besar sepanjang tahun menjadi komitmen kami untuk memajukan pariwisata Ternate. Kami juga harus membuka peluang beragam prodak di sini mendapatkan promosi yang cukup. Dengan begitu, ada banyak lini bisnis di Ternate yang bergerak,” pungkasnya.