Menpppa Imbau Perempuan Jangan Gampang Diradikalisasi

Oleh : Anisa Triyuli | Selasa, 15 Mei 2018 - 06:36 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengimbau para perempuan untuk tidak gampang diradikalisasi.

"Perempuan harus melihat dirinya sebagai aset negara yang harus diberdayakan untuk pembangunan," kata Yohana saat ditemui seusai acara Peluncuran Gerakan Bersama Penghapusan Kekerasan Terhadap Anak di Jakarta, Senin (14/5/2018)

Menurut dia agar perempuan tidak gampang menjadi sasaran radikalisasi sebaiknya perempuan fokus terhadap pengembangan potensinya agar menjadi perempuan yang mandiri dan terlibat dalam semua aspek pembangunan.

Dia juga mengatakan orang tua yang mengajak anaknya dalam tindakan radikalisme dan terorisme adalah bentuk kekerasan terhadap anak.

Hal tersebut tertuang dalam UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Agar tidak banyak lagi korban yang menjadi terorisme menurut dia pemerintah perlu membangun ketahanan keluarga serta kepekaan terhadap lingkungan.

"Hal ini dapat mengantisipasi keluarga agar tidak terpengaruh tindakan radikalisme dan terorisme," kata dia kepada awak media.

Dia pun menyesalkan kejadian pengeboman di Surabaya yang turut melibatkan perempuan dan anak. Dia turut berbelasungkawa terhadap korban, keluarga korban dan masyarakat Surabaya yang sedang menghadapi tragedi tersebut.

Dia juga meminta masyarakat untuk waspada dan tidak panik dalam menghadapi situasi saat ini.