Ini Enam Provinsi Terbaik Lindungi Konsumen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 25 April 2018 - 12:20 WIB

INDUSTRY.co.id - Pangkalpinang- Kementerian Perdagangan memberikan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik dalam perlindungan konsumen pada puncak peringatan Hari Konsumen Nasional 2018 di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Saya mengapresiasi pemerintah provinsi yang mendorong produsen, tetapi berpihak kepada konsumen," kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita usai menyerahkan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik melindungi konsumen di Pangkalpinang, Selasa (24/4/2018)

Pada puncak peringatan Harkonas 2018 Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan memberikan penghargaan kepada enam pemerintah provinsi terbaik dalam perlindungan konsumen.

Pemerintah provinsi terbaik pertama dalam perlindungan konsumen diraih Jawa Timur, terbaik kedua Jawa Tengah, terbaik ketiga Sumatera Barat, Aceh, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

"Banyak aspek yang jadi penilaian. Salah satunya telah memiliki Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) yang aktif," kata Enggartiasto Lukita.

Pada kesempatan itu, Menteri Perdagangan menyampaikan permohonan maaf dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang tidak bisa menghadiri puncak peringatan Harkonas di Kota Pangkalpinang, karena harus melihat korban gempa bumi di Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Pada awalnya, Presiden direncanakan hadir menghadiri puncak Harkonas 2018 di daerah ini, namun karena ada permintaan masyarakat korban gempa bumi di Banjarnegara, presiden terpaksa batal hadir dan berkunjung ke Banjarnegara untuk melihat langsung kondisi korban bencana alam di daerah itu," katanya.

Ia mengatakan ketidakhadiran presiden pada puncak peringatan Harkonas ini bukan berarti tidak menghormati atau berpihakkan kepada konsumen, namun karena ada hal yang harus lebih diutamakan bagi masyarakat korban bencana alam.