Pipa Gas Milik PGN di Cawang Bocor Akibat Galian Proyek LRT

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Maret 2018 - 08:01 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pipa gas bumi milik PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. (PGN), Jalan MT Haryono, Jakarta Timur, Senin (12/3/2018) malam mengalami kebocoran.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama menjelaskan kebocoran tersebut terjadi karena terkena galian proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek.

"Sementara yang kami peroleh, gas bocor akibat terkena pekerjaan galian proyek LRT," kata Rachmat Hutama, melalui keterangan resminya.

Akibat kebocoran gas tersebut dipastikan pelanggan gas bumi khususnya di kawasan Bidara Cina dan Kalibata akan terkena imbasnya.

Agar pasokan gas tetap diterima pelanggan, Tim PGN akan melaksanakan skema buka tutup valve.

"Tujuannya untuk menjaga supaya gas tidak keluar dan tidak banyak lokasi terdampak penghentian sementara ini," ungkap Rachmat.

Rahmat mengatakan, kejadian ini bukanlah yang pertama kali, kebocoran pipa gas PGN akibat terkena proyek LRT terjadi karena antara pelaksana subkontraktor proyek LRT tidak berkoordinasi dengan kontraktor proyek.

Namun secara kualitas pipa gas bumi milik PGN di lokasi tersebut sudah melalui tes pit dan PCM.

"Saat ini yang terpenting, tim di lapangan sudah mengamankan kebocoran, dengan tindakan awal kami adalah menutup valve di depan BNN, Cawang, dan Rusun Bidara Cina," ujar Rachmat.