Jelang Pilkada, DPR Desak Kemendagri Tuntaskan Perekaman KTP-E

Oleh : Herry Barus | Rabu, 07 Maret 2018 - 05:48 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan Kementerian Dalam Negeri untuk segera menuntaskan perekaman data Kartu Tanda Penduduk elektronik yang belum sepenuhnya selesai.

"Harapannya, masyarakat yang sudah memiliki KTP-e dapat menggunakan hak pilihnya pada pilkada serentak bulan Juni 2018," kata Bambang Soesatyo di Jakarta, Selasa (6/3/2018)

Menurut Bamsoet, panggilan Bambang Soesatyo, sampai saat ini masih banyak warga negara Indonesia di beberapa daerah yang belum bisa merekamkan data diri untuk KTP-e karena alat perekamannya rusak atau belum ada.

"Terutama fasilitas untuk perekaman data. Banyak alat perekaman KTP-2di daerah yang rusak dan tinta untuk cetak KTP-E habis,”  ujar Bamsoet kepada awak media.

Politisi Partai Golkar ini mendorong Kemendagri bersama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di daerah agar proaktif dalam memfasilitasi masyarakat untuk melakukan perekaman data KTP-e terutama bagi pemilih pemula.

Di sisi lain, Bamsoet juga meminta masyarakat proaktif mendatangi tempat-tempat perekaman data kependudukan, baik ke kantor desa, kantor kecamatan maupun kantor Disdukcapil di kabupaten/kota.

"Agar masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dalam pilkada serentak pada Juni 2018 dan pemilu 2019," katanya