Kadin Berikan Dua Hal Penting Terkait Pengembangan Pendidikan Vokasi di Indonesia

Oleh : Ridwan | Rabu, 21 Februari 2018 - 19:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Wakil Ketua Umum Bidang Ketenagakerjaan Kadin Indonesia Anton J. Supit menilai pendidikan vokasi bukan hal baru di Indonesia.

Unsur barunya terletak pada inisiatif yang diawali oleh Presiden Joko Widodo yang menghendaki vokasi menjadi prioritas pendidikan menengah saat ini.

"Baru kali ini pendidikan vokasi dibicarakan secara komprehensif, dimulai langsung oleh presiden kita. Sayangnya kita belum memiliki sistem yang terpadu terkait pendidikan vokasi. Sistem inilah yang kita butuhkan," papar Anton di Jakarta (21/2/2018).

Menurut Anton, ada dua hal penting yang dibutuhkan Indonesia untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat akan kepentingan pendidikan vokasi.

Hal pertama adalah hadirnya undang undang khusus tentang pendidikan vokasi. Yang kedua, program kampanye yang masif baik untuk meningkatkan kepedulian akan vokasi maupun untuk mendukung penyebarluasan informasi seputar industri dan ketenagakerjaan.

"Hadirnya perundangundangan akan membentuk sistem, sedangkan kampanye massif akan memperkuat sistem tersebut," kata Anton.