Alokasikan Rp 4,72 Triliun, Chandra Asri Mulai Bangun Pabrik di Cilegon

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 05 Februari 2018 - 14:03 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) mulai pembangunan fasilitas pabrik polyethylene (PE) baru dengan kapasitas 400 kiloton pertahun (KTA) senilai Rp 4,72 triliun. Pembangunan pabrik ini ditargetkan untuk selesai pada akhir tahun 2019 dan mulai beroperasi pada 2020 dikawasan Petrokimia, Cilegon Banten.

 Oleh karena itu, pasca pengoperasioan pabrik ini perseroan menargetkan peningkatan kapasitas produksi PE menjadi 736 KTA dari kapasitas sekarang yang hanya 336 KTA.

"Permintaan pasar PE di Indonesia saat ini diperkirakan sekitar 1,4 juta TPA (ton per annum) dan akan terus tumbuh seiring dengan PDB negara. Pabrik PE kami yang baru akan menjadi sumber tambahan produk PE dalam negeri sebagai substitusi impor dan mengurangi arus keluar valuta asing,” jelas Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra seperti dikutip dari rilisnya, Senin (5/2/2018)

Pabrik baru ini akan menghasilkan high density polythylene (HDPE), linear low density polythylene (LLDPE), dan Metallocene LLDPE (mLLDPE). Adapun aplikasi dari zat tersebut ialah sebagai bahan baku blown film, karung beras, mainan, tutup botol, tas belanja, peralatan rumah tangga, tali, terpal, pipa, serta kontrak kontainer.