Mau yang Segar-Segar? Cobain Deh Es Sagwan Khas Tegal yang Melegenda

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 07 Januari 2018 - 12:00 WIB

INDUSTRY.co.id, Tegal - Berkunjung ke Tegal, belum lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kesegaran dari Es Sagwan. Es yang berasal dari Tegal ini mempunyai cita rasa yang nikmat dan segar. Es Sagwan ini, terdiri dari adonan aci (tepung kanji) berbentuk panjang-panjang berwarna putih. Dan, biasanya es ini disajikan dengan es serut yang dilumuri dengan sirup atau gula merah.

Kuliner khas Tegal ini, konon diciptakan oleh seorang yang bernama Sagwan sekitar tahun 60-an. Karena itu pula, kuliner di bernama Es Sagwan. Sementara itu, ada beberapa orang yang menyebutkan nama sebagai singkatan dari Seger Adem Glenggem Wangi Ancleng Niaket. Dalam bahasa Indonesia berarti segar, dingin, ringan diteguk, wangi, manis, dan kental kenyal.

Es Sagwan yang melegenda ini mempunyai cita rasa yang khas, dan bikin nagih jika sudah mencobanya. Untuk mencoba es segar ini Anda cukup membayar Rp 6 ribu saja. Dan, Es Sagwan ini tersebar di berbagai daerah di Kota Tegal seperti di Jl KS Tubun sebelah selatan RSUD Kardina, Jl. AR Hakim, Jl. Srigunting, Jl. Cendrawasih, Jl. Sumbirodo.