Sarinah Ekspansi di Arab Saudi dan Jepang di Tengah Lesunya Bisnis Ritel

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 29 Desember 2017 - 20:42 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta -PT Sarinah (Persero) mencoba merambah pasar luar negeri, salah satunya dengan membuka cabang di Mekkah Arab Saudi dan Tokyo Jepang. Pengusaha lokal yang menjadi partner bertugas sebagai penyedia infrastruktur dan sumber daya manusia, sementara Sarinah sebagai pemasok barang. Target Sarinah di luar negeri tidak hanya warga Indonesia, melainkan warga setempat.

Pada Februari 2018, Sarinah akan meresmikan gerai di Mekkah, Arab Saudi. Persiapan pembukaan gerai ini sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, kata Direktur Utama PT Sarinah GNP Sugiarta Yasa, Jumat (29/12).

Harapannya dengan adanya gerai Sarinah di Mekkah akan membantu para jemaah haji asal Indonesia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nantinya juga gerai tersebut bisa membuat jumlah barang bawaan jemaah haji lebih ringkas.

Selain Mekkah, perusahaan ini juga tengah mempersiapkan rencana pembangunan gerai di Tokyo, Jepang. Namun realisasi untuk gerai di Tokyo baru akan terlaksana pada semester II tahun depan.

Sebenarnya masih ada satu negara lagi yang menjadi tujuan ekspansi perusahaan yakni Hong Kong. Namun dirinya belum bisa memastikan kapan realisasi tersebut.

"Yang di Hongkong itu sinergi BUMN kerja sama dengan BNI. Tapi belum tahu kapan akan direalisasikan," kata dia.