Program BBM Satu Harga Masuki Pulau Nusa Penida

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 November 2017 - 14:31 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) wujudkan program BBM Satu Harga di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Hadirnya SPBU Kompak di Nusa Penida ini menjadi titik yang ke-27 beroperasinya lembaga penyalur di pulau terluar.

SPBU Kompak ini memiliki jarak yang dekat dari Pelabuhan Nyuh di Nusa Penida, yakni 150 meter saja. Sebelumnya telah ada dua SPBU lain yang beroperasi, satu di wilayah Sintal berjarak 6 kilometer dan di wilayah Ketapang berjarak sekitar 15 km dari Pelabuhan Nusa Penida.

Made Natalia, pegawai di salah satu operator kapal cepat Sanur-Nusa Penida, menyebutkan bahwa adanya SPBU Kompak ini membantu operasional kapal cepat.

"Dulu kita susah cari bahan bakar, untung ada SPBU di sini sudah lebih bagus. Kalau misalnya mau ditambah (SPBU) lagi, lebih baik lagi di pelabuhan ini. Karena di sini kan ada beberapa kapal cepat yang membutuhkan bensin. Sekarang juga lebih gampang (beli BBM). Dulu pernah kehabisan BBM, karena cuma ada dua (SPBU), itu pun jauh-jauh sekali, kalau beli di pengecer Rp.7.000," jelas Made.

Anggota Komite BPH Migas, Ibnu M Fajar, mengatakan, kegiatan perekonomian di Nusa Penida harus meningkat dengan adanya lembaga penyalur BBM yang baru ini.

Dia melihat, wisata Nusa Penida sudah cukup berkembang karena itulah kebutuhan dari sisi energi harus dipenuhi. "Kita harap ini jadi momentum yang bagus. Khususnya bagi masyarakat Nusa Penida dan Kabupaten Klungkung," jelas dia.