Sail Sabang Tingkatkan Industri Pariwisata Aceh

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 25 Oktober 2017 - 13:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Kutacane- Kementerian Pariwisata mengklaim, ingin menjadikan Sail Sabang tahun ini, sebagai penabuh dimulainya jalur Sabang-Phuket-Langkawi atau menjadi poros segitiga emas.

Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh menyebut, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Aceh di Januari hingga Agustus 2017 tercatat 20.818 orang, atau menurun 27,61 persen di periode yang sama tahun 2016.

"Wisatawan ke Aceh itu, meningkat. Tapi komposisi antara asing dan domestik Sail Sabang, saya pikir lebih banyak domestik karena destinasi wisatanya cuma Banda Aceh dan Sabang," ucap Sekretaris ASITA Aceh, Totok Julianto melalui sambungan telepon di Aceh Tenggara, Rabu (25/10./2017)

Sementara itu Menteri Pariwisata Arief Yahya belum lama ini menyatakan, ikut mengawal Sail Sabang 2017 sebagai wisata bahari berkelas internasional dan bisa menghidupkan bisnis baru yacht atau kapal pesiar dengan rute Phuket-Langkawi-Sabang.

"Kita sudah bersepakat untuk kerja sama dengan marina di Phuket dan Langkawi. Mimpi besarnya membuka rute segitiga dengan Sabang. Itu harus kita sukseskan," kata Menpar Arief.

Arief mengatakan, pihaknya terus-menerus memantau terkait persiapannya agar benar-benar membuat pecinta wisata bahari tumpah ruah di Sabang.

Tidak cuma di saat iven ini digelar, lanjutnya, tetapi usai pelaksanaan Sail Sabang harus bisa menghasilkan portofolio atau lembaran bisnis baru berbasis wisata bahari.

"Sail Sabang 2017 merupakan proses percepatan wisata bahari kelas dunia. Persiapannya terus kita pantau agar acaranya nanti benar-benar sesuai harapan yaitu wisata bahari berkelas internasional. Tujuan dari Sail Sabang 2017 ini yakni percepatan," ujar Menpar Arief Yahya.