PinkVoice Kampanye Menyuarakan Kesadaran akan Kanker Payudara

Oleh : Nina Karlita | Minggu, 08 Oktober 2017 - 13:12 WIB

INDUSTRY.co.id - Starbuck dan Lovepink dalam memperingati bulan kanker sedunia yang jatuh setiap bulan Oktober, mengkampanyekan kanker payudara lewat minuman yang hasilnya akan didonasikan kepada para penderita kanker payudara.

Melalui tagline #PINKVOICE, love pink yang merupakan lembaga non profit dan Starbuck berkampanye mendorong semua orang untuk menyuarakan tentang kesadaran akan kanker payudara. Kemeriahan #PINKVOICE, dikemas Starbucks melalui empat minuman khusus berwarna pink. Dimana 10% dari hasii penjualan minuman tersebut akan disumbangkan untuk mendukung misi Lovepink. 

Ke-empat minuman tersebut adalah Iced/ Hot Pink Macchiato, lced/ Hot Raspberry Latte, Pink Blossom Frappuccino dan Pink Yogurt Frappuccino yang tersedia mulai tanggal 1 hingga 31 Oktober 2017 di seluruh gerai Starbucks yang tersebar di Indonesia. 

Direktur Starbucks Indonesia Anthony Cottan, mengungkapkan Starbucks berharap dengan adanya minuman pink ini, penyampaian pesan dalam meningkatkan kesadaran akan kanker payudara menjadi lebih menyenangkan dan menarik. 

"Starbucks merupakan tempat untuk berkumpul, saling bercerita dan harapannya ketika menikmati minuman ini, mereka akan Iangsung ‘think pink’ dan mendorong interaksi dan percakapan seputar isu kesehatan yang penting ini," ujar Anthony di Gerai Starbuck Kuningan City, Selasa (3/10/17).

Anthony, menambahkan kesempatan ini dijadikan Starbuck yang jumlahnya sekitar 300 store sebagai sarana ikut mengkampanyekan hidup sehat kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

"Kampanye ini bertujuan agar tingkat kewaspadaan kanker labih ditingkatkan, mengingat pengidap kanker payudara cukup besar," katanya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama Pendiri Lovepink Indonesia Madelina Mutia, menjelaskan Lovepink melakukan survey beberapa waktu Ialu di Jakarta, menemukan adanya pergeseran usia pasien pengidap kanker payudara yang semakin muda yaitu 30-40 tahun. Data juga mengungkap bahwa kebanyakan pasien kanker payudara yang datang ke rumah sakit sudah memasuki stadium lanjut. 

Survei ini juga menemukan bahwa kesadaran mengenai kanker payudara sudah cukup tinggi, tetapi masih banyak masyarakat yang tidak memahami pentingya melakukan pemeriksaan payudara secara rutin. 

“Banyak pasien yang datang dalam kondisi stadium Ianjut karena tidak menyadari geja|a kanker payudara dan tidak pernah melakukan pemeriksaan payudara sebelumnya. Kanker payudara akan lebih mudah diobati ketika ditemukan pada stadium awal, disinilah pentingnya melakukan pemeriksaan payudara secara rutin untuk mendeteksi sedari dini jika ada gejala kanker payudara," terangnya. 

Menanggapi kerjasama ini dia, juga menyampaikan kegembiraannya dapat bekerja sama dengan Starbucks untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara di Indonesia. 

"Melalui kampanye #PINKVOICE, kami berharap agar semakin banyak masyarakat Indonesia dapat memahami pentingnya melakukan pemeriksaan payudara rutin (SADARI Periksa Payudara Sendiri dan SADANIS Periksa Payudara Klinis). Kanker payudara bukaniah sesuatu yang harus ditakuti atau ditutupi, bersama-same kita bisa perangi kanker payudara,” pungkasnya. 

Sebagai informasi di bulan Oktober, Starbucks bersama Lovepink akan menyelenggarakan serangkaian acara seperti Pink Talk dan Pink Truck Hunt. Dimana dalam acara Pink Talk, peserta bisa mendapatkan informasi mengenai kanker payudara langsung dari ahlinya tentang diagnosis, pengobatan, dan topik penting lainnya. Lebih serunya Iagi, Pink Truck akan berkeliing kota Jakarta untuk memeriahkan bulan Oktober.