Medco dan Kementrian ESDM Bekerjasama Kembangkan SDM Sektor Energi

Oleh : Hariyanto | Senin, 18 September 2017 - 14:14 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Medco E&P Indonesia dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tandatangani nota kesepahaman tentang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor energi.

Penandatanganan dilakukan Direktur Utama Medco E&P Indonesia, Ronald Gunawan bersama Kepala Badan Pengembangan SDM Kementerian ESDM, I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, disaksikan Menteri ESDM, Ignasius Jonan di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (18/9/2017).

Ronald mengatakan, seiring berkembangnya tantangan dan teknologi, diperlukan peningkatan ilmu dan keahlian sumber daya manusia kompeten di bidang migas secara terencana dan berkesinambungan.

"Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia bidang energi dan sumber daya mineral sehingga dapat mendukung semua pengembangan blok migas di Medco E&P," kata Ronald.

Nantinya, kerja sama ini akan dilaksanakan dalam berbagai bentuk, diantaranya pendidikan, pelatihan, magang, sertifikasi, dan assesmen.

Sebelum penandatanganan nota kesepahaman ini, Medo E&P Indonesia telah melakukan kerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian ESDM melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Migas, Cepu, Jawa Tengah.

Salah satu kerja sama tersebut, pada 2016, Medco E&P Indonesia melalui Medco E&P Malaka mengirimkan sebanyak 40 putera-puteri Aceh lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Diploma untuk menjadi operator di Blok A, Aceh Timur.