Harbolnas 2016 Mencatat Transaksi Rp.3,3 triliun

Oleh : Ridwan | Senin, 19 Desember 2016 - 17:30 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Perhelatan diskon akbar Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2016telah sukses di gelar. Tahun ini ada 211 e-commerce dari berbagai kategori memberikan promo serta diskon besar-besaran hingga 95%.

Lebih dari 61% pengguna internet di Indonesia berbelanja online di Harbolnas 2016. Mencatat kenaikan rata-rata penjualan hingga 3.9 kali lebih tinggi di bandingkan hari biasa, dan nilai total transaksi penjualan di Harbolnas 2016 mencapai Rp.3,3 triliun naik sekitar Rp.1,2 triliun dari tahun sebelumnya.

Miranda Suswanto selaku ketua panitia Harbolnas 2016 mengungkapkan "Harbolnas merupakan salah satu momen tersibuk bagi e-commerce di Indonesia. Dengan berbagai penawaran menarik. Harbolnas kembali memberikan kontribusi yang signifikan bagi e-commerce yang berpartisipasi di tahun kelima ini. Kenaikan transaksi juga dipengaruhi oleh tingginya pertumbuhan pengguna internet".

Ada beberapa data menarik saat Harbolnas 2016, kategoti pencarian tertinggi termasuk produk kecantikan dan personal care, gadget dan aksesoris, pakaian, serta barang untuk bayi. Merauke adalah destinasi pengiriman terjauh sedangakan Manado menjadi kota tujuan terbesar di Indonesia Timur.

Harbolnas 2016 mampu menarik online shopper dari kalangan kelad menengah dan bawah, serta kalangan online shopaholics. Hal utama yang mempengaruhi online shopper untuk belanja adalah diskon besar yang di berikan (90%) dan gratis ongkos kirim (41%). Ini juga berkaitan dengan meningkatnya jumlah pengguna internet dan online shopper di Indonesia.

Dengan kesuksesan Harbolnas 2016, di harapkan tujuan untuk memberikan pengaruh positif dan kontribusi yang baik bagi para pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia, khusus nya untuk brand lokal dan UMKM. Tentunya keseluruhan langkah ini juga di harapkan dapat mendukung langkah pemerintah dalam memajukan industri e-commerce tanah air.