PLN Yakin Kinerja Tak Akan Terganggu Meski Tak Ada Kenaikan TDL

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 Juni 2017 - 09:02 WIB

INDUSTRY.co.id , Jakarta - PT. PLN (Persero) yakin kinerjanya tidak akan terganggu meski tidak akan ada kenaikan tarif dasar listrik (TDL) hingga akhir Juli 2017.

Direktur Utama PLN, Sofyan Basir mengatakan, dengan tidak adanya kenaikan TDL ini tidak akan mengganggu kinerja keuangan PLN. Pasalnya, perseroan telah melakukan efisiensi operasional.

"Untuk kenaikan TDL belum ada sama sekali hingga Juli 2017, Sampai akhir tahun juga. Penggunaan BBM 4,5 persen. Gejolak harga minyak global hampir tidak ada," kata Sofyan di Kantor PLN Pusat, pada awal bulan ini.

Sofyan mengatakan bahwa efisiensi ini terus dilakukan untuk menjaga profitabilitas persero. Dengan adanya efisiensi ini maka dimungkinkan PLN tidak akan menaikkan TDL bahkan hingga akhir tahun nanti.

Kenaikan tarif listrik golongan 900 VA bahkan tidak mempengaruhi profitabilitas perusahaan listrik pelat merah karena kenaikan tarif listrik ini ada campur tangan dari pemerintah terkait subsidi.

"Ini yang kenaikan 900 va itu subsidi pemerintah, kembalikan uangnya ke negara. Itu kan subsidi. Subsidi punya negara, negara tidak bayar lebih, dan tidak ada masalah. Faktanya tidak ada masalah," terang Sofyan. (Hry/hid)