Menperin: Salah Strategi Bisnis Buat Gurita Ritel Sevel Meredup

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 26 Juni 2017 - 15:05 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartato menilai redupnya bisnis waralaba 7-Evelen lebih disebabkan strategi bisnis waralaba tersebut. Hal itu dinilai sebagai hal yang biasa di dalam bisnis.

"Iya itu strategi bisnis saja. (Sementara) Charoen Pokpand kan juga mempunyai jaringan yang kuat," kata Menperin.

PT Charoen Pokphand Tbk akhirnya mencaplok bisnis convenience store 7-Eleven dari PT Modern International Tbk (MDRN). Nilai akuisisi 7-Eleven tersebut mencapai Rp 1 triliun.

Menurutnya , bisnis waralaba diyakini masih akan cerah. Apalagi bisnis tersebut berkaitan dengan bisnis berbasis konsumsi dan industri makanan dan minuman.

"Industri berbasis konsumsi itu menarik di Indonesia karena konsumsi itu pertumbuhannya bagus," ujar Menteri Perindustrian (Menperin)

Bahkan tutur ia, bila mengacu kepada kondisi saat ini, sektor industri yang mampu tumbuh dan berkembang adalah bisnis yang berbasis konsumsi.