Kadin: Madura Miliki Potensi Agribisnis yang Sangat Besar

Oleh : Ridwan | Rabu, 14 Juni 2017 - 12:50 WIB

INDUSTRY.co.id - Madura, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, La Nyala Mahmud Matalitti menyatakan, pengembangan pembangunan ekonomi di Pulau Madura kedepan lebih tepat melalui agribisnis.

"Saya melihat, pengembangan Madura ke depan harus agribisnis, baik yang terkait dengan pertanian, ataupun perikanan," ungkap La Nyala di Pamekasan, Madura (14/6/2017).

Ia menambahkan, Pulau Madura mempunyai potensi besar, akan tetapi selama ini belum dikelola secara optimal. "Hal itu yang menyebabkan Madura relatif tertinggal dibanding daerah lain di Jawa Timur," terangnya.

Seperti diketahui, saat ini populasi Penduduk Madura sekitar 4 juta jiwa, atau sekitar 10 persen dari populasi di Jawa Timur. "Empat kabupaten di Pulau Madura bisa terus dipacu, apalagi akses penghubungan berupa Jembatan Suramadu menuju Pulau Garam tersebut sudah ada," ucapnya.

Selain itu, peningkatan investasi di Madura juga harus mampu mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeadilan, merata dan bukan hanya oleh segelintir orang kaya saja.

"Ke depan Madura harus dibangun dengan pendekatan kultural, menyesuaikan dengan karakter masyarakat," pungkas La Nyala.