Tradisi Adu Bedug, Salah Satu Cara Bangunkan Sahur di Banten

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 31 Mei 2017 - 12:46 WIB

Ilustrasi Tradisi Adu Bedug, Masyarakat Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten (Istimewa)
Ilustrasi Tradisi Adu Bedug, Masyarakat Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Banten - Tradisi Adu Bedug, merupakan tradisi khas masyarakat Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk untuk memeriahkan Bulan Suci Ramadhan.

"Adu Bedug, itu untuk meramaikan suasana saat makan sahur," ungkap Ade Supriadi, mantan Desa Cilabanbulan Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang, melansir dari antara, Selasa (30/5/2017).

Aksi Adu Bedug ini dimulai pada pukul 01:00 hingga 04:00 WIB. Pemukulan bedug ini, para masyarakat berkeliling antar kampung untuk membangunkan masyarakat lainnya untuk santap sahur. Bunyi pukulan bedug dibarengi dengan pembacaan Shalawat Nabi.

Adapun warga dari warga Desa Cilabanbulan, Cigandeng, Kananga, dan Kadubonyok, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, saat waktu sahur mereka semua beramai-ramai berkeliling dengan suara bedug untuk membangunkan warga.

"Para penabuh bedug itu berkeliling kampung dan bertemu dengan penabuh dari kampung lain, dan bergabung untuk menabuh bedug dan kentongan itu," katanya.

Tradisi ini, sudah menjadi salah satu agenda tahunan, selain itu menjadi salah satu seni untuk melakukan Syiar agama Islam di daerah Banten.

"Tradisi seni Adu Beduh ini sudah sejak Saya lahir sudah ada, hingga saat ini masih dilestarikan," katanya.

Selain itu, Wawan, seorang penabuh bedug dari Desa Cilabanbulan, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, mengaku hingga kini warganya masih melestarikan tradisi adu badug antarkampung itu.

"Kami sangat senang jika bulan puasa menabuh bedug dan kentongan, karena suasana kampung menjadi ramai," pungkasnya.

Bedug yang dipakai terbuat dari kulit kerbau atau sapi dan kentongan dari bambu jika ditabuh menghasilkan suara dengan irama yang indah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TikTok

Senin, 20 Mei 2024 - 12:55 WIB

Analyzing TikTok's Marketing Model

In the digital age, social media platforms have revolutionized marketing strategies, offering innovative ways for brands to connect with their audiences. Among these platforms, TikTok has emerged…

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Senin, 20 Mei 2024 - 12:42 WIB

Menhan Prabowo Subiato Hadiri The 10th World Water Forum Yang Dibuka Resmi Presiden Jokowi di Bali

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto menghadiri acara forum air terbesar sedunia, “The 10th World Water Forum (WWF) yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI…

Peresmian Kantor Baru Skinproof

Senin, 20 Mei 2024 - 12:23 WIB

Komitmen Tingkatkan Keamanan dan Inovasi Produk di Industri Kecantikan, Skinproof Buka Kantor Baru di Jakarta

Industri kecantikan secara global maupun nasional tumbuh begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sejalan dengan pertumbuhan tersebut, juga terjadi lonjakan jumlah produk kecantikan yang…

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Sambut Para Delegasi Negara di Welcoming Dinner World Water Forum ke-10

Senin, 20 Mei 2024 - 12:18 WIB

Menteri PUPR Basuki Dampingi Presiden Jokowi Sambut Para Delegasi Negara di Welcoming Dinner World Water Forum ke-10

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama sejumlah menteri lainnya di Kabinet Indonesia Maju mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Welcoming…

Gedung BNI

Senin, 20 Mei 2024 - 11:03 WIB

BNI Raih Dua Penghargaan Marketeers Youth Choice Award 2024

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menorehkan prestasi dengan meraih dua penghargaan bergengsi di ajang Marketeers Youth Choice Award (YCA) 2024. BNI meraih peringkat Silver…