Bupati Manokwari Selatan Belajar Bangun Kota Mandiri ke Pendiri Jababeka

Oleh : Ridwan | Selasa, 05 Maret 2019 - 13:45 WIB

Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono saat menerima kunjungan Bupati Manokwari Selatan Markus Waran (Foto: Industry.co.id)
Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono saat menerima kunjungan Bupati Manokwari Selatan Markus Waran (Foto: Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Bupati Manokwari Selatan Markus Waran menyatakan keinginannya belajar dan menimba ilmu dari Jababeka untuk mengembangkan kota baru dan industri di daerahnya.

Keinginannya tersebut disampaikan langsung oleh Markus Waran saat menemui Chairman PT. Jababeka, Tbk. Setyono Djuandi Darmono di Jakarta, Selasa (5/3).

"Potensi kami ada di industri perikanan, perkebunan dengan andalan cokelat dan jagung, serta potensi industri pariwisata," ungkap Markus.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Markus didampingi oleh Delapan Kepala Dinas dengan total jajarannya yang diikutsertakan sebanyak 20 orang.

"Atas nama masyarakat dan pemerintah daerah, kami berterima kasih bisa belajar dan menimba ilmu dari Jababeka," terang Markus.

Sementara itu, Setyono Djuandi Darmono menyambut baik keinginan Bupati Markus untuk menimba ilmu dan belajar dari Jababeka.

"Ini merupakan suatu kehormatan buat kami, dan terima kasih sudah datang," kata Darmono.

Menurutnya, Jababeka merupakan pengembang kota baru yang berfokus pada tiga pilar, yakni pertama, land development, kedua, infrastruktur dan pelayanan Dan ketiga, leisure industri.

"Kota Jababeka di Cikarang dimulai dari tahun 1989, dari mulai 500 hektare (Ha) menjadi 5.000 Ha hingga saat ini. Dulu cuma 59 penduduk, sekarang sudah 1 jutaan penduduk," terang Darmono.

Saat ini, Jababeka fokus mengembangkan 100 kota baru di seluruh Indonesia , diantaranya yang sudah dikembangkan ialah, Kawasan Industri Kendal di Jawa Tengah yang diresmikan Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong tiga tahun lalu.

Lalu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung yang direncanakan akan menjadi Nusa Dua nya Banten. Selanjutnya, Jababeka juga telah mengembangkan KEK Morotai yang akan menjadi central hub untuk wilayah Asia Tenggara.

"Dan kita sudah banguh hotel mewah disana (Morotai)," imbuh Darmono.

Selain itu, Jebabeka juga terlibat dalam pengembangan Kota Tua Jakarta. "Dalam setiap pengembangan Kota, kita selalu mengajak banyak orang, kita sudah seperti koperasi, bergotong royong agar semua pengembangan berjalan cepat dan baik," terang Darmono.

Tak hanya itu, disetiap kawasan atau lahannya, Jababeka juga membangun berbagai fasilitas infrastruktur utama seperti, pembangkit listrik, pengelolaan air limbah Dan air bersih, serta pelabuhan darat atau dry port untuk menunjang aktifitas industri agar pengiriman logistik berjalan semakin cepat.

Khusus untuk menunjang kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, Jebabeka juga membangun Universitas pertama berbahasa inggris di Indonesia yakni President University yang sudah berjalan selama 17 tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Darmono juga memberikan saran untuk pengembangan industri di wilayah Manokwari Selatan antara lain, menurutnya, pertama, harus dibangun hotel yang bagus. "Ini pasti menarik meskipun pasti rugi. Itu menjadi suatu biaya yang harus dibayar," katanya.

"Nantinya kantor Bupati Yang akan dibangun harus didesain seperti hotel. Nantinya hotel ini multifungsi, bisa jadi kantor disertai shopping mall area dan tempat ibadah, dengan total 100 kamar atau minimal 30 kamar dengan standar internasional, ini akan menjadi ikon dan kita mintakan kebapak Presiden Joko Widodo untuk meresmikannya. Dengan begitu hotel yang sekaligus kantor Bupati akan menjadi miniaturnya Manokwari Selatan," tutur Darmono

"Jadi dalam membangun Kota kita harus berani bikin mimpi yang besar, dan Manokwari akan menjadi besar. Dan dituangkan dalam sebuah master plan, dan Jababeka bisa bantu buat perencanaan tersebut dan pendidikan untuk Manokwari Selatan" tambahnya.

Dengan begitu, dalam waktu 50 tahun kedepan, Manokwari akan seperti Monaco yang akan menjadi daya tarik seluruh dunia untuk datang berkunjung. Selain itu, Manokwari Selatan juga akan menjadi pusat pariwisata dan perdagangan di Papua.

"Itu semua dapat terwujud bermula dari tata ruang yang benar, dari sebuah master plan. Lalu ditopang oleh SDM nya yang sudah ditraining Dengan tepat," tutup Darmono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…

Penyerahan donasi 500 liter Cairan Antiseptic Secret Clean untuk korban banjir Semarang.

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:58 WIB

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) Salurkan Donasi 500 Liter Cairan Antiseptic Secret Clean Untuk Korban Banjir Semarang

PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) menyalurkan donasi untuk membantu korban banjir di Semarang berupa 500 liter Secret Clean Antiseptic.

Rawanto, Building Manager Tangcity Superblock (tengah)

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:04 WIB

Meriahkan Bulan Suci Ramadan, Tangcity Superblock Hadirkan Festival Takjil 'Umami Eats Unjuk Rasa'

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadan, Umami Eats, semi outdoor food court yang terletak di Tivoli Garden, Tangcity Superblock, menghadirkan festival gelaran takjil dalam “Umami Eats Unjuk…

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

Top Digital Corporate Brand Award 2024 Digelar Online

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…