Industri Batu Bara Pengaruhi Penurunan Ekspor Agustus

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 16:00 WIB

Kapal pengangkut batu bara (ist)
Kapal pengangkut batu bara (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan batu bara menjadi salah satu komoditas yang mempengaruhi penurunan kinerja ekspor pada Agustus 2018 terhadap Juli 2018.

"Ekspor yang menurun dibandingkan bulan lalu, itu lebih kepada batu bara, karena kita menghentikan 'trader' (pedagang). Jadi, trader batubara tidak boleh dulu mengekspor, sekarang kami berikan kelonggaran untuk boleh lagi mengekspor," kata Enggar usai menghadiri acara Sinkronisasi Kebijakan Bidang Perlindungan Konsumen di Jakarta, Senin (17/9/2018)

Enggar menjelaskan defisit neraca perdagangan sebesar 1,02 miliar dolar AS pada Agustus 2018 juga dipengaruhi oleh penjualan batubara yang diprioritaskan untuk kepentingan dalam negeri melalui kebijakan "domestic market obligation" (DMO).

Menurut dia, meski nilai ekspor Agustus 2018 hanya sebesar 15,82 miliar dolar AS atau turun 2,9 persen dibandingkan bulan sebelumnya, nilai ekspor tersebut meningkat 4,15 persen dibandingkan Agustus 2017 sebesar 15,19 miliar dolar AS.

Oleh karena itu, Enggar meyakini neraca perdagangan pada September 2018 akan lebih baik dengan peningkatan ekspor serta didukung dengan kebijakan pengendalian impor melalui penyesuaian tarif pajak penghasilan (PPh) impor Pasal 22.

"Ekspor kita akan lebih dikencangkan, impor PPh Pasal 22 juga akan lebih efektif mulai bulan depan," kata dia.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis neraca perdagangan Indonesia pada Agustus 2018 mengalami defisit sebesar 1,02 miliar dolar AS.

Defisit perdagangan pada Agustus 2018 terjadi karena nilai ekspor sebesar 15,82 miliar dolar AS atau turun 2,9 persen dari bulan sebelumnya.

Sementara itu, impor lebih tinggi dari ekspor, yaitu senilai 16,84 miliar dolar AS. Namun demikian, nilai impor sudah merosot 7,97 persen dibandingkan Juli 2018.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…