Merck Gencarkan Edukasi Anemia untuk Persiapkan Generasi Bebas Anemia

Oleh : Dina Astria | Selasa, 01 Mei 2018 - 06:55 WIB

Merck mempersiapkan generasi produktif dengan kampanye Indonesia Bebas Anemia.
Merck mempersiapkan generasi produktif dengan kampanye Indonesia Bebas Anemia.

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Anemia merupakan salah satu penyakit paling umum di Indonesia dengan perumpamaan 1 dari 5 orang Indonesia memiliki risiko untuk terkena anemia. Meskipun begitu, banyak dari masyarakat yang belum teredukasi akan gejala, dampak dan penanggulangan anemia.

Mengetahui hal ini, sejak tahun 2016 Merck meluncurkan kampanye “Indonesia Bebas Anemia” sebagai wujud nyata dalam meningkatkan kepedulian terhadap anemia. Untuk meneruskan komitmennya, Merck kembali melanjutkan kampanye “Indonesia Bebas Anemia” di tahun 2018 melalui sebuah acara peluncuran dan sesi diskusi bertemakan “Generasi Produktif, Generasi Bebas Anemia”.

Tema ini diangkat dari kesadaran akan pentingnya mempersiapkan generasi penerus bangsa yang produktif dan berkualitas sebagai langkah antisipasi dalam menyambut era bonus demografi. Pada tahun 2020-2030 mendatang, Indonesia diperkirakan akan memiliki tabungan penduduk usia produktif sebanyak 60% atau setara dengan 180 juta penduduk. Untuk itu,tahun ini Merck kembali menggandeng Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia serta didukung oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan komunitas 1000 Guru.

Dr. Marina Damajanti, MKM, Kepala Subdirektorat Bina Gizi Klinik, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menjelaskan, “Bonus demografi adalahkondisi yang dinikmati suatu negara dari besarnya proporsi penduduk usia produktif, seperti yang akan dialami Indonesia pada tahun 2020-2030. Namun, jika tidak dipersiapkan secara matang, penduduk produktif dapat membawa dampak buruk karena sumber daya manusia yang tidak memenuhi kualifikasi. Di sisi lain, anemia telah terbukti mengakibatkan penurunan produktivitas kerja pada penduduk usia produktif yang tentunya akan mempengaruhi kualitas sumber daya manusia yang menjadi penerus bangsa di kemudian hari. Menanggapi situasi ini, Kementerian Kesehatan menginisiasi program GERMAS sebagai solusi dalam mengurangi beban penyakit melalui kebiasaan hidup sehat yang mencakupi intervensi gizi spesifik dengan poin pemberian dan promosi kampanye Tablet Tambah Darah untuk remaja putri, calon pengantin serta ibu hamil.”

Kementerian Kesehatan juga menyambut baik dan mendukung kampanye Indonesia Bebas Anemia sebagai usaha dalam meningkatkan pemahaman mengenai anemia yang diharapkan dapat mewujudkan generasi Indonesia yang lebih sehat dan produktif.

Prof. Dr. Endang L. Achadi, Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) mengatakan, “Dampak anemia sering kali tidak terlihat maupun dirasakan secara langsung, tetapi anemia tentunya tidak dapat diremehkan. Anemia terbukti menyebabkan penurunan produktivitas kerja wanita Indonesia sebanyak 20% atau sekitar 6,5 jam per mingguHal ini akan menjadi hambatan besar bagi pembangunan sumber daya manusia berkualitas di Indonesia. Menjalankan pola hidup sehat bergizi seimbang, termasuk mengonsumsi makanan dengan kadar zat besi, protein dan vitamin dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi anemia. Selain itu, anemia juga dapat diatasi dengan konsumsi suplemen zat besi, istirahat cukup dan olah raga secara teratur.”

Melanjutkan komitmennya, Merck tahun ini bekerja sama dengan komunitas 1000 Guru melalui kegiatan Training of Trainers  (ToT) untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dalam jangkauan yang lebih luas dan jumlah yang lebih besar. Seluruh relawan dan masyarakat yang telah menerima edukasi dan pelatihan, diharapkan dapat terus menyebarluaskan edukasi anemia tersebut kepada masyarakat di sekitarnya.

“Komunitas 1000 Guru sangat senang dan bangga karena dapat turut berpartisipasi dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang produktif dan berkualitas. Perjalanan ‘Traveling and Teaching’ memungkinkan para relawan untuk terjun langsung dalam mengedukasi para guru, orang tua serta murid Sekolah Dasar mengenai anemia. Pelatihan dilakukan dengan pendekatan sederhana dan disampaikan melalui permainan yang menyenangkan sehingga materi dapat diserap dengan mudah oleh para penerimanya” tutur Jemi Ngadiono, Pendiri Komunitas 1000 Guru.

Anie Rachmayani, Associate Director Marketing PT Merck menuturkan, “Program Training of Trainers ini memiliki fokus untuk menciptakan para agen perubahan melalui misi edukasi yang serentak dilakukan di 10 kabupaten di Indonesia, di mana daerah-daerah ini memiliki prevalensi anemia yang tinggi serta termasuk dalam daftar Kabupaten/Kota Utama Intervensi Stunting dari  Kementerian Kesehatan. Kegiatan ini juga turut melibatkan karyawan Merck serta para relawan 1000 Guru. Kami percaya akan pentingnya mengoptimalkan periode bonus demografi demi dampak positif bagi pembangunan Indonesia. Untuk itu tahun ini Merck melanjutkan komitmen Indonesia Bebas Anemia bersama Kementerian Kesehatan, PDGMI dan Komunitas 1000 Guru. Hal ini diwujudkan melalui berbagai kegiatan yang selaras dengan GERMAS guna mempercepat perbaikan status gizi masyarakat melalui edukasi anemia. Kampanye ini pun terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang peduli terhadap pembangunan generasi produktif, generasi bebas anemia.”

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wakil Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Bob T. Ananta (depan: kiri ketiga) saat hadir pada pertemuan terbatas dan strategis bersama United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) atau UN Climate Change yang berlangsung di Pullman Hotel Jakarta, 25 Juli 2025

Minggu, 27 Juli 2025 - 13:58 WIB

BSI Pertegas Komitmen Global Terhadap ESG dan Keuangan Berkelanjutan

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mempertegas komitmennya dalam mendorong penerapan prinsip ESG dan keuangan berkelanjutan di tingkat global. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran BSI dalam…

AION UT di GIIAS 2025

Minggu, 27 Juli 2025 - 12:55 WIB

Satu Tahun Hadir di Indonesia, GAC One Fest Gelar Perayaan Spesial GAC One Fest di GIIAS 2025

Dalam rangka merayakan satu tahun kehadirannya di Indonesia, GAC Indonesia menggelar perayaan spesial bertajuk GAC One Fest di ajang GIIAS 2025 yang bertempat di Hall 3 Booth 3A ICE BSD City.

Penerima penghargaan Industry Award 2025

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:52 WIB

Warta Ekonomi dan INDUSTRY.co.id Gelar Industry Award 2025: Apresiasi Ketangguhan dan Inovasi Industri Nasional

Di tengah ketidakpastian global akibat konflik geopolitik dan tekanan ekonomi internasional, Warta Ekonomi Group bersama media INDUSTRYcoid menggelar Industry Award 2025 “Strengthening Resilience,…

Volvo memamerkan lima model elektrifikasi andalannya di GIIAS 2025.

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:33 WIB

Volvo Car Indonesia Hadir di GIIAS 2025: Tawarkan Mobil Listrik Premium dengan Harga Baru dan Brand Ambassador Marc Klok

Volvo Car Indonesia hadir di GIIAS 2025 dengan harga baru untuk mobil listrik, lima model elektrifikasi unggulan, dan penunjukan Marc Klok sebagai brand ambassador.

(dari kanan) Jony Yuwono - Ketua GP Jamu bersama Irene Umar - Wakil Menteri Ekonomi Kreatif RI di pembukaan Acaraki Jamu Festival Juli 2025.

Minggu, 27 Juli 2025 - 11:14 WIB

Acaraki Jamu Festival Edisi Juli 2025: Hidupkan Tradisi Lewat Permainan Nusantara, Aksara, dan Fashion

Acaraki Jamu Festival Juli 2025 hadirkan semangat baru pelestarian budaya lewat funwalk, permainan tradisional, petisi aksara, dan fashion show bertema Mbok Jamu.