Selamat! Kepada Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017, Berikut Daftarnya

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 15 Januari 2018 - 18:10 WIB

Calon Bupati Tulungagung Jatim Margiono (Foto Dok Industry.co.id)
Calon Bupati Tulungagung Jatim Margiono (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ajang penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kategori Jurnalistik Foto serta Penghargaan Khusus Media Siber Terinovatif telah ditetapkan pemenangnya. Tiap tahunnya, PWI memberikan Anugerah Jurnalistik Adinegoro dan Penghargaan Khusus berkaitan dengan Hari Pers Nasional.

Tema Penghargaan Adinegoro tahun 2017 kali ini dibebaskan secara umum, hanya bermuatan kepentingan orang banyak, humanis, dan inspiratif. Selain itu juga membangun pembentukan karakter bangsa dan merekat kembali jati diri NKRI.  

Para pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017 akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta, tropi dan piagam, sedangkan pemenang Penghargaan Khusus Media Siber Terinovatif akan mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta, tropi, dan piagam. Hadiah akan diserahkan pada Hari Pers Nasional 2018, tanggal 7-9 Februari 2018 di Padang, Sumatra Barat.  

Berikut ini, pemenang kategori foto yaitu foto jurnalistik berjudul “Fase Kritis” karya Raka Denny yang dipublikasikan di Harian Jawa Pos pada 29 November 2017. Foto tersebut menggambarkan Siswa SMP 2 Karangasem bersiap berangkat ke sekolah dengan latar Gunung Agung Bali yang menyemburkan abu.  
 
Para juri yang terdiri dari Enny Nuraheni (Ketua Dewan Juri), Tagor Siagian, dan Melly Riana Sari sepakat memilih foto tersebut dengan alasan foto tersebut diambil dalam situasi alam yang menunjukkan kesulitan. Selain itu secara teknis ada momen bergerak saat anak naik kendaraan membuat foto tersebut “hidup”.   

"Foto ini sarat nilai berita, karena di tengah situasi kritis, anak-anak ini tetap memilih sekolah," kata Enny Nuraheni,Ketua Dewan Juri, melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Senin (15/1/2018).

Penilaian ketat dilakukan terhadap delapan karya unggulan. Selain “Fase Kritis” (Raka Denny-Jawa Pos), juga “Antre KTP el” (Wisnu Widiantoro-Harian Kompas), “Payungi Raja Arab” (Randi Tri Kurniawan-Harian Rakyat Merdeka), “Kampanye Blusukan” (Galih Pradipta-LKBN Antara), “Dampak Jalan Rusak Parah di Ogan Komering Ilir” (Adrian Fajriansyah-Harian Kompas), “Pilkada 2017”(Galih Pradipta-LKBN Antara), “Upacara Bendera” (Aya Sugianto-Harian Banjarmasin Pos) dan “Tiba di Cipinang” (Arya Manggala Nuswantoro-Harian Media Indonesia).

Sementara, peng Khusus Media Siber Terinovatif diberikan kepada Tirto.Id. Pemilihan ini didasari berdasarkan konten yang konsisten mengusung prinsip komprehensif 5W+1H dan sesuai kaidah jurnalistik, kelengkapan berita dengan tampilan info-info grafis yang memudahkan pembaca memahami konteks sebuah berita, serta independen dalam kebijakan redaksinya.

Dan, penghargaan khusus ini betul-betul pengamatan secara diam-diam dari para juri, yaitu Nukman Lutfie, Manuel Irwanputera dan Merdi Sofansyah.  

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.

Titiek Soeharto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:00 WIB

Titiek Soeharto: Capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Pasti Menang

Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Titiek Soeharto, optimistis pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 itu akan menang dalam…