Selamat! Kepada Pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017, Berikut Daftarnya

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 15 Januari 2018 - 18:10 WIB

Calon Bupati Tulungagung Jatim Margiono (Foto Dok Industry.co.id)
Calon Bupati Tulungagung Jatim Margiono (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Ajang penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017 yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Kategori Jurnalistik Foto serta Penghargaan Khusus Media Siber Terinovatif telah ditetapkan pemenangnya. Tiap tahunnya, PWI memberikan Anugerah Jurnalistik Adinegoro dan Penghargaan Khusus berkaitan dengan Hari Pers Nasional.

Tema Penghargaan Adinegoro tahun 2017 kali ini dibebaskan secara umum, hanya bermuatan kepentingan orang banyak, humanis, dan inspiratif. Selain itu juga membangun pembentukan karakter bangsa dan merekat kembali jati diri NKRI.  

Para pemenang Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2017 akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 50 juta, tropi dan piagam, sedangkan pemenang Penghargaan Khusus Media Siber Terinovatif akan mendapatkan hadiah sebesar Rp10 juta, tropi, dan piagam. Hadiah akan diserahkan pada Hari Pers Nasional 2018, tanggal 7-9 Februari 2018 di Padang, Sumatra Barat.  

Berikut ini, pemenang kategori foto yaitu foto jurnalistik berjudul “Fase Kritis” karya Raka Denny yang dipublikasikan di Harian Jawa Pos pada 29 November 2017. Foto tersebut menggambarkan Siswa SMP 2 Karangasem bersiap berangkat ke sekolah dengan latar Gunung Agung Bali yang menyemburkan abu.  
 
Para juri yang terdiri dari Enny Nuraheni (Ketua Dewan Juri), Tagor Siagian, dan Melly Riana Sari sepakat memilih foto tersebut dengan alasan foto tersebut diambil dalam situasi alam yang menunjukkan kesulitan. Selain itu secara teknis ada momen bergerak saat anak naik kendaraan membuat foto tersebut “hidup”.   

"Foto ini sarat nilai berita, karena di tengah situasi kritis, anak-anak ini tetap memilih sekolah," kata Enny Nuraheni,Ketua Dewan Juri, melalui siaran persnya yang diterima Industry.co.id, Senin (15/1/2018).

Penilaian ketat dilakukan terhadap delapan karya unggulan. Selain “Fase Kritis” (Raka Denny-Jawa Pos), juga “Antre KTP el” (Wisnu Widiantoro-Harian Kompas), “Payungi Raja Arab” (Randi Tri Kurniawan-Harian Rakyat Merdeka), “Kampanye Blusukan” (Galih Pradipta-LKBN Antara), “Dampak Jalan Rusak Parah di Ogan Komering Ilir” (Adrian Fajriansyah-Harian Kompas), “Pilkada 2017”(Galih Pradipta-LKBN Antara), “Upacara Bendera” (Aya Sugianto-Harian Banjarmasin Pos) dan “Tiba di Cipinang” (Arya Manggala Nuswantoro-Harian Media Indonesia).

Sementara, peng Khusus Media Siber Terinovatif diberikan kepada Tirto.Id. Pemilihan ini didasari berdasarkan konten yang konsisten mengusung prinsip komprehensif 5W+1H dan sesuai kaidah jurnalistik, kelengkapan berita dengan tampilan info-info grafis yang memudahkan pembaca memahami konteks sebuah berita, serta independen dalam kebijakan redaksinya.

Dan, penghargaan khusus ini betul-betul pengamatan secara diam-diam dari para juri, yaitu Nukman Lutfie, Manuel Irwanputera dan Merdi Sofansyah.  

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…