Kementerian Targetkan Peningkatan Peremajaan Sawit Rakyat

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 06 Januari 2018 - 15:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang menyatakan, bahwa pihaknya akan terus menambah luasan perkebunan kelapa sawit milik rakyat untuk direplanting atau peremajaan.

"Sebab dengan melakukan replanting itu sama dengan menambah pendapatan negara," ujarnya di Jakarta, Jumat (5/1/2017)

Berdasarkan catatannya, dari total 11,9 juta hektar kebun kelapa sawit Indonesia terdapat 4,7 hektar perkebunan rakyat atau 48 persen.

Dari 4,7 juta hektar tersebut seluas 2,4 juta hektar kebun sawit saat ini masih dikembangkan dengan cara tradisional oleh petani dan tidak sedikit yang menbggunakan benih asalan atau tidak bersertifikat.

Bahkan kebun kelapa sawit yang menggunakan sumber benih tidak baik itu sekarang berkembang jutaan hektar, akibatnya produktivitasnya rendah, hanya 1-2 ton CPO/hektar.

Menurut dia jika program replanting kelapa sawit itu bisa dengan cepat dilakukan dengan serentak maka akan menghasilkan nilai tambah produktivitas sebesar Rp125 triliun per tahun.

"Itu semua jika seluruh perkebunan sawit rakyat mampu memproduksi minimal 8 ton minyak sawit mentah (CPO), sehingga setiap tahun kita bisa mendapatkan nilai tambah produktivitas sebesar Rp 125 triliun," ujarnya.

Sementara itu Pemerintah Daerah Bengkulu Utara siap mereplanting perkebunan milik masyarakat yang telah melewati umur produktif atau yang menggunakan benih palsu dalam upaya peningkatan produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat.

Program peremajaan tanaman kelapa sawit milik rakyat tersebut dilakukan melalui dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS).

"Kita telah menetapkan target peremajaan seluas 8000 hektar untuk kebun swadaya ataupun plasma untuk tahun 2018 ini. Bahkan saat ini seluruh jajaran di Bengkulu Utara tengah bergegas menyiapkan calon petani dan calon lokasi (CPCL) sehingga target tersebut dapat segera direalisasi," ujar Bupati Bengkulu Utara, Mian.

Menurut Mian, pihaknya sangat serius untuk mempersiapkan replanting kelapa sawit karena tanaman tersebut sebagai salah satu komoditas unggulan di Bengkulu Utara, yang mana saat ini luas areal perkebunan sawit rakyat telah mencapai 36.861 hektar.

Namun dia mengakui produktivitas tandan buah segar (TBS) sawit rakyat masih rendah yakni 1,18 ton/hektar/bulan, idealnya bisa mencapai 2 - 2,5 ton/hektar/bulan.

Salah satu penyebabnya, tambahnya, adalah penggunaan benih palsu. Bahkan, 40 persen dari areal perkebunan rakyat atau sekitar 14.475 hektar menggunakan benih palsu.

"Atas dasar itulah kita berharap tanaman kelapa sawit yang telah tua atau memiliki produksi rendah karena berasal dari benih ilegal dapat digantikan dengan varietas unggul kelapa sawit," ujar Mian.

Adapun untuk penyediaan benihnya, Mian mengakui akan mengandalkan peran penangkar pewaralaba kelapa sawit. Artinya melalui penetapan target peremajaan tahun 2018 ini akan memberikan gambaran bagi penangkar dalam memperkirakan kebutuhan bibit di tahun mendatang.

"Dimana untuk memenuhi kebutuhan 8000 hektar di Bengkulu Utara penangkar harus menyiapkan bibit salur 1.040.000 batang," katanya.

Disisi lain, Mian menghimbau agar bisa melakukan tumpang sari dengan tanaman lainya selama melakukan replanting, agar selama tanaman kelapa sawit belum menghasilkan, petani tetap mendapatkan hasil dari tanaman yang ditumpangsarikan, seperti jagung, ataupun tanaman lainnya.

"Sehingga melalui kegiatan replanting tidak saja berkontribusi pada perbaikan produksi tanaman kelapa sawit rakyat namun juga turut mendukung upaya mewujudkan swasembada jagung," ujar bupati.

Sambut baik Sementara itu, Sekretaris Jenderal Perkumpulan Penangkar Benih Tanaman Perkebunan Indonesia, Rusbandi menyambut baik atas kesiapan Bengkulu Utara untuk meremajakan kelapa sawit rakyat.

Dengan melakukan replanting, menurut dia, akan memperbaiki produktivitas tanaman rakyat, sehingga meningkatkan produksi minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) nasional. Seperti diketahui permintaan akan CPO setiap tahunnya terus meningkat sering meningkatnya permintaan biofuel.

"Melalui kegiatan replanting kami harapkan dapat meningkatkan produktivitas perkebunan rakyat melalui penggunaan bahan tanam unggul bermutu yang memiliki daya hasil dan mutu lebih baik," kata Rusbandi seperti dilansir Antara.

Pihaknya menegaskan, pada prinsipnya penangkar bibit kelapa sawit di sentra pengembangan kelapa sawit maupun di Provinsi Bengkulu siap melakukan investasi penyediaan benih selama pasarnya jelas serta, proses pembayarannya juga tidak berbelit-belit.

"Karena bisnis penangkaran bibit kelapa sawit adalah usaha yang sangat beresiko maka diharapkan para pengambil kebijakan memahami hal tersebut," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.