Klien Tingkatkan Produksi, Samindo Resources akan Tambah Alat Berat Pertambangan

Oleh : Abraham Sihombing | Selasa, 12 Desember 2017 - 14:36 WIB

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)
Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Harga batu bara pada 2018 diperkirakan bakal stabil menyusul stabilitas harga komoditas tersebut pada 2017. Itu mendorong klien PT Samindo Resources Tbk (MYOH), kontraktor pertambangan batu bara, untuk meningkatkan produksi.

Kondisi itu berdampak positif bagi MYOH pada tahun depan, Karena itu, manajemen MYOH berencana membeli alat-alat berat serta perlengkapan untuk mengupas batuan penutup (overburden removal) dan kegiatan produksi penambangan batu bara.

Kedua kegiatan tersebut terutama dilakukan di tambang Kideco pasca pembaharuan kontrak jasa penambangan di kawasan tambang tersebut.

“Untuk pembelian alat-alat dan perlengkapan tersebut, kami mengalokasikan belanja barang modal (capital expenditure/capex) sekitar US$13,8 juta untuk tahun depan,” ujar Ahmad Zaki, Investor Relations MYOH, di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Ahmad mengemukakan, jika dibandingkan dengan capex MYOH pada 2017 sebesar US$3,12 juta, maka besarnya capex perseroan yang dianggarkan untuk tahun depan tersebut meningkat lebih dari tiga kali lipat.

“Lonjakan capex yang dialokasikan tersebut adalah salah satu langkah kami untuk mengantisipasi kenaikan target yang dibebankan oleh klien perseroan pada 2018 mendatang,” tutur Ahmad.

Ahmad menyebutkan, alat-alat berat yang akan dibeli perseroan adalah dump truck, excavator, crane dan berbagai jenis pompa. Perseroan saat ini telah memesan alat-alat berat tersebut sehingga diharapkan dapat dioperasikan pada triwulan pertama 2018.

“Sebagian besar dari capex 2018 perseroan berasal dari kas internal perseroan. Pasalnya, perseroan saat ini memiliki kas internal yang nilainya cukup memadai untuk membiayai belanja modal tersebut,” pungkas Ahmad. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Kamis, 18 April 2024 - 09:38 WIB

KIIP Food Thinwall Packaging Raih Penghargaan Top Brand 2024 untuk Ketiga Kalinya

Dalam industri produk makanan, berbagai merek terus berlomba-lomba untuk menciptakan identitas unik dan menarik bagi konsumen melalui kemasan mereka. Oleh karena itu, produsen kemasan makanan…