Resmikan Smelter Nikel di Sulteng, Menperin Agus: Kapasitas Produksi Ferronickel PT GNI Capai 1,8 juta Ton/Tahun

Oleh : Candra Mata | Selasa, 28 Desember 2021 - 14:56 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindusterian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita turut mendampingi Presiden Jokowi meresmikan Smelter Nikel PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) yang berlokasi di Sulawesi Tenggara pada Senin kemarin.

Menurut Menperin Agus, keberadaan smelter nikel ini menjadi komitmen pemerintah dalam membangun industri, yaitu membangun industri yang bersifat Indonesia sentris, merata diseluruh Indonesia.

"Kenapa hilirisasi penting bayangkan saja peningkatan nilai tambah dari bijih nikel menjadi produk ferronickel adalah 14 kali, dan bila menjadi billet stainless steel mencapai 19 kali. Saat ini, smelter nikel yang beroperasi telah mencapai investasi sebesar US$ 15,7 Miliar," ungkap Menperin Agus seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya pada Selasa (28/12/2021).

"kapasitas produksi ferronickel mencapai 1,8 juta ton/tahun," sambungnya.

Sementara itu, dari sisi ekspor, produk ferronickel ini telah mengalami peningkatan yang sangat pesat dari tahun ke tahun.

Menperin menyebutkan, pada tahun 2020 ekspor ferronickel Indonesia telah mencapai US$ 4,7 miliar. 

"Dan pada periode Januari hingga Oktober 2021 tercatat mencapai US$ 5,6 miliar," imbuh Menperin.

Untuk diketahui, smelter nikel ini sendiri berlokasi di Kawasan Virtue Dragon Nikel Industri Park dengan nilai investasi digadang-gadang mencapai USD15,7 miliar.

Dari smelter ini diharapakan juga dapat membuka lapangan kerja sebanyak 27 ribu tenaga kerja.

Menurut Menperin, keberadaan smelter nikel ini juga sejalan dengan komitmen pemerintah untuk menghentikan ekspor bijih nikel dan mendorong hilirisasi industri.

"Hilirisasi akan menjadi kekuatan ekonomi baru bagi Indonesia," pungkasnya.