TIKI Siapkan Inovasi Produk Unggulan dan Pengelolaan Operasional yang Lebih Cerdas dan Efisien

Oleh : Herry Barus | Jumat, 03 Desember 2021 - 14:00 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta– PT. Citra Van Titipan Kilat (“TIKI”), perusahaan jasa pengiriman di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 50 tahun di Indonesia, bersiap menghadapi perubahan perilaku  konsumen  terhadap  layanan  kurir  yang  terbentuk  akibat  dari  kondisi  pandemi  selama  hampir  2  tahun  belakangan ini.

Untuk mengakomodasi trend ini, TIKI telah mempersiapkan berbagai strategi penguatan  mulai dari infrastruktur digital, strategi pengelolaan operasional yang lebih cerdas, andal dan efisien, serta  perluasan inovasi produk dan layanan yang disesuaikan  dengan perkembangan kebutuhan konsumen di  era normal baru.

 Rencana  bisnis  TIKI  2022  ini  disampaikan  oleh  Yulina  Hastuti,  Direktur  Utama  TIKI  di  acara  Media  Gathering & Talkshow bertajuk “Berbisnis Rumahan Semakin Mudah Bersama TIKI SERLOK”. Pada acara  tersebut,  TIKI  menghadirkan  pebisnis  kopi  dan  makanan  sebagai  narasumber  untuk  berbagi  kisahnya  menjalankan bisnis di tengah pandemi. Pada kesempatan tersebut TIKI juga berbagi informasi mengenai  inovasi layanan yang memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi UMKM Indonesia.

 Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI mengatakan, “Pemanfaatan layanan digital  oleh  konsumen  TIKI  menunjukkan  trend  peningkatan  selama  2  tahun  terakhir  ini.  Terjadi  peningkatan  pengunduhan Aplikasi TIKI mencapai 10-15%. Layanan Jemput Online (JEMPOL) menjadi layanan pick up  online yang paling banyak diakses di Aplikasi TIKI dimana kurir kami yang akan datang menjemput paket  di lokasi yang ditentukan konsumen. Tidak hanya itu, kami juga melihat konsumen semakin menginginkan  produk  dan  layanan  kurir  yang  menawarkan  kecepatan  pengiriman  tiba  di  hari  yang  sama  bahkan  hitungan jam namun tetap dengan biaya yang terjangkau dan flat. Hal ini tentunya akan semakin memacu  para pelaku bisnis kurir untuk meningkatkan standar layanannya agar tetap kompetitif.”

 TIKI membangun infrastruktur digital sejak tiga tahun lalu yang mencakup  infrastruktur di dalam  operasional, dan sistem interface untuk memberikan pengalaman transaksi yang lebih cepat, aman dan  nyaman bagi konsumen. Ke depannya, TIKI akan terus membangun infrastruktur digital berbasis internet  of things dan cloud dimana seluruhnya dikembangkan secara internal. 

 Dari sisi inovasi produk dan layanan, TIKI telah meluncurkan beberapa inovasi produk dan layanan yang  menekankan  pada  kecepatan  pengiriman  di  hari  yang  sama  hingga  hitungan  jam,  yaitu  TIKI  PUTAR  (Jemput Antar) dan SDS KITA (Same Day Service Kuliner Nusantara).

“Kami  melihat  pertumbuhan  yang  cukup  pesat  dari  kedua  produk  yang  kami  luncurkan  di  pertengahan  tahun  2020  lalu  ketika  awal  masa  pandemi.  Oleh  karena  itu  kami  akan  terus  memperluas  jangkauan  produk  TIKI  PUTAR  dan  SDS  KITA  ke  kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.” Lanjut Yulina.