RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rumah Sakit Royal Progress terus hadirkan fasilitas medis terkini. Terbaru, rumah sakit yang terletak di kawasan Sunter, Jakarta Utara ini menghadirkan penanganan varises yang lebih efektif.

Dalam acara Halal Bihalal Rekanan Media di Sunter Jakarta Utara, 2 Mei 2024, RS Royal Progress mengenalkan metode laser tanpa bedah agar pasien merasa lebih aman, nyaman, dan minim sayatan dalam mengatasi varisesnya.

"Untuk penanganan varises yang lebih intensif, kami menawarkan Metode EVLA sebagai salah satu terapi pilihan utama yang memiliki kelebihan waktu perawatan lebih singkat, rasa nyeri yang minim dan tidak menimbulkan bekas luka yang besar pada pasien,” kata Direktur Utama Rumah Sakit Royal Progress, dr. Ivan R. Setiadarma, MM.

Menurut dr.Ivan, varises seringkali dianggap sepele. Padahal jika tidak ditangani dengan tepat dapat menimbulkan komplikasi berkepanjangan.

"Di RS Royal Progress, kami memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises pada pasien," kata dr. Ivan. 

Varises merupakan kondisi masalah kesehatan yang timbul ketika pembuluh darah vena menjadi melebar dan berkelok yang disertai dengan gangguan sirkulasi darah di dalamnya. Gangguan sirkulasi darah tersebut dapat menyebabkan sumbatan aliran darah melalui vena untuk kembali ke jantung sehingga darah mencoba menembus katup dari sistem penyambung. 

Hal ini dapat menyebabkan rasa pegal dan ketidaknyamanan setelah melakukan aktivitas seperti berdiri dan berjalan lama pada penderitanya. Meskipun tidak berbahaya, apabila dibiarkan varises dapat menyebabkan komplikasi pada sistem pembuluh darah dan mengganggu kualitas hidup penderitanya.

Pengobatan varises yang dikenal efektif dan terkini yaitu dengan metode laser. Metode ini dikenal dengan nama Endovenous Laser Ablation (EVLA), yang merupakan salah satu metode pengobatan varises tanpa melakukan pembedahan besar atau minimal invasif.

Hadirnya metode EVLA di RS Royal Progress menjadi suatu langkah besar dalam mewujudkan komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan menyeluruh dan terintegrasi pada masyarakat, terutama sekitar Sunter, Jakarta Utara. 

Proses pengerjaannya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan melibatkan penggunaan laser endovenous yang diarahkan ke dalam vena yang terganggu melalui kateter. 

Laser ini menghasilkan panas yang berfungsi untuk dapat menutup vena yang bermasalah yang dapat memungkinkan perbaikan yang tepat dan signifikan. Dengan metode EVLA yang efektif dan minimal invasif, tingkat keberhasilan penyembuhan akan meningkat dan cepat.

dr. Hendra Wibowo, SpB.Subsp.BVE (K) Dokter Spesialis Bedah Sub Spesialis BVE Rumah Sakit Royal Progress mengungkap kasus varises pada tingkat yang paling parah yaitu luka atau ulkus yang sulit disembuhkan. 

"Karena sering terjadi tanpa gejala tadi, penderitanya menganggap sepele dan biasanya sudah terjadi dalam waktu yang lama yang akhirnya baru dilakukan pengobatan setelah tingkat lanjut. Maka dari itu, pengobatan ataupun terapi dapat dilakukan sesegera mungkin apabila sudah mengalami gejala-gejala yang dirasa mendekati varises,” jelas dr. Hendra.