Bio Farma Siapkan 1,2 Juta Vaksin Meningitis Tahun Ini

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 04 Juni 2017 - 12:59 WIB

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  PT Bio Farma menyiapkan 1,2 juta dosis vaksin meningitis untuk kebutuhan haji dan umrah tahun ini. Kebutuhan tersebut dipenuhi melalui skema kerja sama dengan mitra Bio Farma di luar negeri.

“Mei lalu sudah datang bertahap untuk kebutuhan tahun ini,” kata Direktur Produksi PT Bio Farma Juliaman, dalam keterangan resminya, Minggu (4/6/2017)

Menurut Juliaman, penyerapan vaksin untuk calon jamaah haji, saat sudah mulai berjalan. Karena, imunisasi meningitis bagi calon jamaah haji harus sudah dilakukan minimim satu bulan sebelum tanggal keberangkatan.

"Jumlah 1,2 juta dosis vaksin meningitis ini mencukupi, sudah dianggarkan sesuai dengan kebutuhan pemerintah," katanya.

Dikatakan Juliaman, kuota vaksin meningitis Bio Farma tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu. Hal itu, seiring dengan peningkatan kebutuhan bagi jamaah haji dan umrah yang setiap tahunnya terus mengalami peningkatan.

Vaksin meningitis, kata dia, merupakan salah satu vaksin wajib bagi para calon jamaah haji dan umrah. Vaksin tersebut diberikan guna mencegah penyakit meningitis, atau radang selaput otak. Juliman menjamin, vaksin meningitis dari Bio Farma terjamin kehalalannya. "Saat ini produksinya masih dikerjasamakan dengan mitra," katanya.

Namun, kata dia, ke depannya, Bio Farma akan memproduksi sendiri vaksin maningitia. Tentunya, setelah ada transfer teknologi dari mitra tersebut. "Kalau sudah memproduksi sendiri, harganya pasti akan lebih murah," kata Juliman.