Cegah Overtourism, Venesia Pasang CCTV dan Sistem Pelacakan Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 September 2021 - 12:15 WIB

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk mencegah overtourism atau membludaknya wisatawan, kini Venesia berencana akan memasang raturan kamera CCTV dan sistem pelacakan pada ponsel wisatawan untuk mengawasi dan mengetahui siapa saja yang masuk ke kota tersebut. 

Dilansir dari laman Times of India, kota bersejarah yang indah itu hampir didatangi oleh wisatawan dari seluruh dunia sebelum pandemi melanda. 

Rencananya, akan ada sebanyak 468 sistem kamera dan sensor yang bisa membedakan penduduk dari wisatawan, lalu sistem tersebut bisa melacak asal dan tujuan serta mengetahui berapa cepat seseorang bergerak.

Sebelum pandemi, mayoritas wisatawan akan mendarat di Venesia melalui jalur pelayaran, hanya untuk menghabiskan beberapa jam, bahkan hampir tidak menambah ekonomi lokal dan sangat menghancurkan ekosistem yang ada di Venesia. 

Sehingga hal tersebut telah menjadi topik diskusi intens selama beberapa tahun sekarang. Akibatnya, kota ini telah belajar dan berkembang dengan cepat untuk membuatnya lebih layak huni bagi penduduknya. 

Sekarang, setelah menutup lagunanya untuk kapal pesiar besar, pemerintah kota juga akan melacak aktivitas wisatawan melalui kamera CCTV. Langkah ini adalah langkah untuk mengendalikan overtourism di kota tersebut.