Lestarikan Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik Lewat Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 30 Juli 2021 - 16:40 WIB

INDUSTRY.co.id - Pengguna media sosial telah mendominasi, dari pertumbuhan pengguna internet di tahun 2020 sebanyak 73,7 persen yakni menjadi 196,7 juta orang dan di antaranya terdapat 160 juta orang yang aktif di media sosial. Dengan begitu media sosial memiliki peran yang sangat besar dalam mengubah budaya berbahasa seseorang.

Sementara itu bahasa menjadi alat komunikasi, pemersatu bangsa, belajar pengetahuan, dan membangun identitas suatu suku atau bangsa. Apalagi Indonesia diketahui memiliki lebih dari 700 bahasa, tidak ada di negara lain yang mempunyai bahasa sebanyak ini.

Bahasa pemersatu, bahasa Indonesia harus dilestarikan dan dijaga karena merupakan identitas masyarakatnya dari keragaman bahasa yang ada di tiap daerah.

"Bahasa yang baik harus disesuaikan dengan atau kepada siapa berbicara, selain itu tujuannya di sini lebih untuk fungsi komunikatif. Sementara bahasa yang benar mengikuti kaidah tata bahasa normati dengan penerapan pola kalimat baku, dengan susunan SPOK dan menggunakan kalimat aktif, ejaan resmi dan penggunaan kalimat secara efektif,” kata Irma Nawangwulan, Lecture IULI saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Namun yang terjadi saat ini, bahasa lisan berubah menjadi bahasa tulisan karena masifnya pengguna media sosial, pengguna akhirnya sering mengabaikan kaidah penggunaan bahasa dengan menyingkatnya atau menyisipkan kata-kata bahasa Inggris dalam kalimat. Penyingkatan kata juga digunakan agar kalimat lebih pendek.

"Boleh saja digunakan ketika berbicara dengan teman namun sebaiknya tidak digunakan saat berkomunikasi di media sosial," kata Irma. 

Terlebih media sosial kini digunakan sebagai sarana bisnis, jualan, hingga branding dengan segala tujuan itu tentunya bahasa Indonesia yang baik dan benar akan semakin membuat image seseorang di mata publik baik. Bukan hanya itu, saat berjualan membalas pesan konsumen juga harus dengan bahasa yang baik dan benar sehingga pemilik bisnis memiliki image positif di mata konsumen.

Webinar Literasi Digital untuk wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi. Di webinar kali ini hadir pula narasumber lainnya yaitu Monica Eveline, Digital Strategic at Diana Bakery, Chika Amalia, Public Figure Branding & Partnership, dan Taufik Hidayat, Kepala UPT IT dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Syekh Yusuf. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.